07
Mar

Tidak Sekadar Bekerja, PNS Harus Berkinerja dengan Baik

Direktur Kinerja ASN Neny Rochyany memimpin Rapat Penilaian Prestasi Kerja PNS. (foto aman)

Jakarta-Humas BKN, Sebagai bagian dari keluarga besar Aparatur Sipil Negara (ASN), PNS hendaknya tidak sekadar bekerja tapi harus berkinerja dengan baik. Untuk itulah,tiap PNS mengisi laporan kinerja hariannya dengan cermat. Arahan ini disampaikan Direktur Kinerja ASN Neny Rochyany kala memimpin Rapat Penilaian Prestasi Kerja PNS di ruang rapat direktorat kinerja ASN lantai 11 gedung II BKN Pusat Jakarta, pada hari Rabu (7/3/2018). Ikut hadir dalam kegiatan ini Kepala Bidang Peningkatan Kinerja Pegawai Negeri Sipil Hidayah Azmi Nasution dari Kementerian PAN RB serta para pejabat lainnya.

Lebih lanjut, Neny Rochyany menuturkan bahwa memang tidak mudah guna mengubah pola pikir (mindset) pegawai agar membiasakan diri mencatat tiap aktivitas pekerjaan yang dilakukan di kantor. “Untuk itu, pimpinan instansi perlu mengingatkan para pegawainya supaya terbiasa dengan hal tersebut,”imbuhnya.

 Neny Rochyany mengartikulasikan pula bahwa penilaian prestasi kerja secara elektronik merupakan kebutuhan bagi instansi pemerintah. Sehubungan dengan hal ini, BKN telah mengembangkan aplikasi Laporan Kinerja secara Elektronik  (E-Lapkin). “Aplikasi E-Lapkin adalah aplikasi yang digunakan untuk menginput laporan kinerja individu tahunan yang dilakukan oleh Instansi masing-masing,”tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Hidayah Azmi Nasution manyampaikan apresiasi terhadap langkah-langkah konkret BKN dalam penilaian kinerja PNS. “Hal ini tentu membutuhkan infrastruktur yang memadai serta kesamaan persepsi guna mengejawantahkannya,”pungkasnya. (Aman-Septa)