26
Feb

Tiga Indikator Sukses Pilkada dan Pemilu

Kepala BKN Bima Haria Wibisana menjadi saksi pelantikan Hadi Prabowo sebagai Sekjen Kemendagri. Aman

Jakarta-Humas BKN, Keberhasilan pemilihan kepala daerah (pilkada) pada tahun ini dan pemilihan umum (pemilu) pada tahun mendatang ditandai oleh tiga indikator. Pertama, tingginya angka partisipasi pemilih. Kedua, tidak adanya money politics (politik uang). Ketiga, materi kampanye yang disajikan kepada masyarakat adalah berupa kampanye ide, gagasan, dan program, alih-alih materi yang bersifat hoax, ujaran kebencian, dan politisasi SARA.  Arahan ini diutarakan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo tatkala melantik Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Pengukuhan Pjs. Gubernur Papua  serta Penyerahan Surat Keputusan Plt. Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) dan Plt Staf Ahli Menteri Kemendagri di gedung C lantai 3 Kemendagri Jakarta, Senin (26/2). Ikut hadir dalam kegiatan ini Kepala Badan Kepegawaian Negara Bima Haria Wibisana sebagai saksi serta para pejabat dari berbagai instansi terkait.

Tjahjo Kumolo lebih lanjut mengartikulasikan bahwa saat ini bangsa Indonesia tengah memasuki tahun politik, dimana pilkada dilaksanakan di 171 daerah di tahun 2018 ini. Pilkada di 171 daerah mencakup 17 pemilihan gubernur (daerah tingkat I), 115 pemilihan bupati (daerah tingkat I), dan 39 pemilihan walikota (daerah tingkat II). “Ada pun pemilihan legislatif dan presiden insya Allah dilaksanakan secara bersamaan pada tahun mendatang,” imbuhnya.

Mendagri Tjahjo Kumolo memberikan arahan seusai melantik para pejabat Kemendagri dan mengukuhkan Pjs.Gubernur Papua. Aman

Dalam kesempatan tersebut, Tjahjo Kumolo menginstruksikan Sekjen Kemendagri yang baru dilantik, Hadi Prabowo, agar dapat membangun tata kelola pemerintah pusat dan daerah yang lebih efektif, efisien, taat kepada hukum, serta mempercepat Reformasi Birokrasi dalam rangka penguatan otonomi daerah. “Hal ini sebagai manifestasi dan upaya nyata untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat,”tandasnya. (aman)