16
Okt

Tingkatkan Kinerja Inspektorat BKN Melalui Telaah Sejawat dengan BMKG

Jakarta-Humas BKN, Inspektorat Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyelenggarakan Entry Meeting Telaah Sejawat Inspektorat bersama Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di Kantor BKN Pusat, Jakarta, Rabu (16/10/2019). Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka benchmarking guna meningkatkan kinerja Inspektorat ini dihadiri oleh Auditor dari tim Inspektorat BKN dan BMKG.

Inspektur BKN, A Darmuji menyampaikan bahwa kegiatan telaah dilakukan guna menilai efisiensi dan efektivitas kinerja Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) sesuai dengan visi dan misi organisasi. Aktivitas-aktivitas dan praktik yang selama ini dilakukan juga harus diberikan penilaian terhadap standar yang telah ditetapkan, sehingga dapat memberikan saran-saran perbaikan guna meningkatkan kinerja. “Melalui telaah juga dapat menjadi penjamin aktivitas organisasi dalam rangka memberikan nilai tambah kepada kinerja yang dilakukan,” ungkapnya.

Inspektur BMKG, Suko Prayitno Adi yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menjelaskan sejumlah hal mengenai pelaksanaan tugas dan fungsi Inspektorat di lingkungan BMKG. Suko menyampaikan, Internal Audit Capability Model (IACM) BMKG saat ini berada pada level tiga yang salah satunya didukung dengan beberapa layanan BMKG dalam melakukan pengawasan. BMKG mengembangkan Klinik Pengawasan Inspektorat yang menawarkan jasa konsultasi setiap hari baik via online maupun tatap muka serta e-Pengaduan dalam memberantas dan mencegah korupsi. “Banyak manfaat yang didapat dari layanan Inspektorat BMKG, seperti pengawasan terhadap pengadaan barang dan jasa hingga pencegahan korupsi,” ujarnya.

Telaah sejawat Inspektorat akan dilaksanakan mulai 17 Oktober hingga 24 Oktober 2019 dengan laporan yang akan disusun dengan target akhir bulan Oktober. Dalam laporan tersebut, tim Auditor BMKG akan melampirkan sejumlah hal, di antaranya rekomendasi hingga Quality Insurance. kaw