skip to Main Content

Tingkatkan Kualitas dan Keberagaman Soal Seleksi, PPSS BKN Gelar Workshop

Jakarta – Humas BKN, Untuk meningkatkan kompetensi para Tim Penyusun Soal Seleksi, Pusat Pengembangan Sistem Seleksi (PPSS) Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyelenggarakan Workshop Kaidah Penyusunan Soal Seleksi, Senin (12/04/2021) di BKN Pusat.

dok. End

“PPSS BKN mencoba membuat sebanyak mungkin penyusunan soal baru untuk tujuan ujian dinas, ujian penyesuaian ijazah dan jenis ujian lain,” terang Kepala PPSS BKN Mohammad Ridwan saat membuka workshop. Selain itu, Ridwan memaparkan bahwa dengan penyusunan soal dari berbagai kompetensi, diharapkan akan dihasilkan soal-soal yang semakin berkualitas dan kaya.

dok. End

Dalam workshop ini dihadirkan narasumber dari Pusat Asesmen Pembelajaran (Pusmenjar) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Mira Josy Moestadi, yang membahas kaidah penyusunan soal. Dalam paparannya, Mira menyampaikan langkah-langkah penyusunan instrumen seperti: Penetapan tujuan tes; Penyusunan kisi-kisi; Penulisan soal; Telaah soal; Perakitan soal; Uji coba soal; Analisis soal. Untuk menjaga physical distancing pelaksanaan workshop ini diselenggarakan secara daring dan luring, serta diikuti oleh seluruh perwakilan unit BKN Pusat dan Kantor Regional BKN serta UPT BKN. nsp

Back To Top