11
Okt

Tingkatkan Pelayanan IP ASN, BKN Lakukan FGD Penyusunan Data Pengukuran IP ASN untuk Seluruh Instansi Pusat dan Daerah

Jakarta-Humas BKN, Badan Kepegawaian Negara melalui Direktorat Jabatan Aparatur Sipil Negara melakukan Forum Grup Discussion bertema Penyusunan Laporan Data Pengukuran Indeks Profesional ASN pada Senin 11 Oktober 2021 di Hotel Best Western Hive Jakarta yang dilakukan secara luring dan daring dan dibuka oleh Deputi Bidang Pembinaan Manajemen Kepegawaian BKN, Haryomo Dwi Putranto dan Direktur JASN Sri Gantini.

Dalam laporannya, Sri Gantini mengatakan bahwa IP ASN ini merupakan upaya untuk mengukur dan memotret profesionslitas ASN dan telah berlangsung dari Tahun 2017 dan 2020. “BKN terus memperbaiki dan menyempurnakan variabel indeks, agar semakin memenuhi kaidah akademis dan maanfaat praktis untuk pengembangan”, ucapnya.

Dalam pembukaan acara, Deputi PMK Haryomo Dwi Putranto menjelaskan bahwa pengukuran yang telah dilakukan saat ini menggunakan 2 metode penyampaian yaitu secara mandiri melalui SAPK. “Ke depan diharapkan para pengelola kepegawaian terus memperbaharui secara kontinyu, lengkap dan objektif serta memberikan masukan bagi pelaksanaan IP ASN”, ujarnya.

Lebih lanjut Haryomo berharap dengan adanya FGD ini dapat melakukan perubahan dan meningkatkan profesionalitas ASN dengan adanya data yang benar dan sesuai sebagaimana telah diundangkan dalam PermenPAN RB 38 Tahun 2018 dan Peraturan BKN Tahun 2019. “IP ASN merupakan salah satu program nasional, sehingga peran serta semua instansi baik pusat maupun daerah sangat diharapkan”, ucapnya.

FGD ini juga menghadirkan narasumber diantaranya Komaruddin selaku Asisten Deputi Perumusan Kebijakan KemenPAN dan RB, Kepala Biro Organisasi, Kepegawaian dan Hukum ANRI, Rini Agustiani, Direktur Pembangunan dan Pengembangan SI ASN, Heni Sri Wahyuni, dan Direktur Pengelolaan Data dan Penyajian Informasi Kepegawaian, Bapak Soni Sultana. dey