01
Okt

TKD Kemenlu Berbasis CAT BKN

Jakarta-Humas BKN Sejumlah 1878 peserta seleksi Calon Pegawai Negeri (CPNS) Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) TH. 2014 mengikuti Tes Kompetensi Dasar (TKD) Seleksi CPNS dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN) bertempat di Gedung Caraka Loka, Kementerian Luar Negeri Jl. Sisingamangaraja No. 73 Jakarta Selatan, Rabu (1/10).

Dalam pemanfaatan fasilitas CAT-BKN, Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Sistem Rekrutmen pada Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen ASN Endar Setiawan mengatakan bahwa TKD di Kemenlu ini panitia seleksi BKN dan Kemenlu tidak mengalami kendala yang berarti karena sarana dan prasarana sudah disiapkan dengan matang dan semaksimal mungkin oleh panitia CAT-BKN dan Kemenlu. “Satu hari sebelum ujian dilaksanakan Fasilitas CAT-BKN sudah siap digunakan”tegasnya.

Sementara, Panitia Seleksi CPNS CAT-BKN Reza Hendrawan mengatakan bahwa Fasilitas yang tersedia dalam Gedung Cara Loka ini sebanyak 200 PC maka dengan Jumlah peserta yang berjumlah 1878 yang terdiri dari 1752 Sarjana dan 126 Diploma Tiga akan selesai dalam waktu 3 hari dengan perhitungan 4 sesi dalam sehari.

Dalam kesempatan yang sama, Mischa Guzel Madian salah satu Peserta CPNS Kemenlu mengapresiasi penggunaan CAT-BKN oleh Kemenlu. Lebih jauh dia mengatakan dengan digunakannya CAT-BKN ini menjamin transparansi rekrutmen CPNS di Kemenlu yang anti KKN. dia juga memuji sistem CAT-BKN dimana dengan sistem ini dia tidak mengalami kesulitan dalam menggunakannya. “Sistem CAT-BKN sangat responsif bebas dari trouble dan dapat langsung diketahui hasilnya seketika” lanjutnya. Ia berharap agar penggunaan sistem rekrutmen berbasis CAT-BKN seperti ini dipertahankan dan ditingkatkan untuk lebih baik lagi.(agus/kis)