22
Agst

Training To Change

FB11

Pelatihan Teknis Penulisan dan Presentasi yang Efekti di Pusbang ASN BKN (Foto : Astri)

Ciawi – Humas BKN, Pusat Pengembangan Aparatur Sipil Negara (Pusbang ASN) Badan Kepegawaian Negara (BKN) selama dua hari, sejak tanggal 18 s.d. 19 Agustus 2016 menyelenggarakan Pelatihan Teknis Penulisan dan Presentasi yang efektif di Gedung Pusbang ASN BKN, Ciawi-Bogor. Pelatihan yang diikuti oleh 30 Pegawai BKN ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pegawai BKN dalam membuat tulisan dan presentasi yang efektif menggunakan aplikasi powerpoint.

Pusbang ASN BKN menghadirkan dua pembicara dari lembaga Pelatihan best practice Indonesia yaitu Munawar Aziz untuk pelatihan teknis penulisan dan Cipto Utomo FM untuk materi presentasi yang efektif. Dalam pemaparan materinya Munawar menyampaikan bahwa menulis bukanlah bakat namun kemauan, menulislah dari hati, pelajari metode dan aturannya sehingga tulisan yang kita buat dapat bermanfaat bagi orang lain, seperti dikutip dari Benjamin Franklin bahwa “Jika tidak ingin dilupakan orang setelah meninggal dunia, maka tulislah sesuatu yang patut dibaca atau berbuatlah sesuatu yang patut  diabadikan  dalam sebuah tulisan”

Begitu juga dengan pembicara Cipto Utomo FM, Cipto menjelaskan detail bagaimana cara presentasi yang efektif baik dari segi Presenter itu sendiri, maupun tampilan presentasinya. Presentasi yang baik dan efektif dapat mempermudah audience menerima materi yang akan disampaikan.

Kepala Pusbang ASN BKN, Ahmad Jalis dalam wawancara dengan Tim Humas BKN menyampaikan bahwa seperti tagline yang dimiliki oleh Pusbang ASN BKN yaitu Training To Change maka berbagai Pelatihan yang diselenggarakan oleh Pusbang ASN BKN diharapkan dapat menuju kepada Perubahan ke arah yang lebih baik sesuai dengan visi Pusbang ASN BKN yaitu  caring, sharing & serving.astri