22
Des

Tutup Kesenjangan kompetensi ASN, Pusbang ASN Gagas Pelatihan Soft Skill

Ciawi-Humas BKN, Pusat Pengembangan Aparatur Sipil Negara (Pusbang ASN) menggagas pelatihan teknis soft skill bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN), khususnya bagi pejabat Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) dan pejabat administrator potensial yang telah mengikuti penilaian potensi dan kompetensi (peserta talent pool) yang diselenggarakan BKN. Tujuan pelatihan tersebut untuk menutup kesenjangan kompetensi yang ada sehingga ke depan diharapkan ASN memiliki kualitas kompetensi yang semakin mendukung optimalisasi pelaksanaan kinerja.

Kepala Sub Bidang Perencanaan dan Penyelenggaraan Diklat ASN, Agung Purmindarto menjelaskan berdasarkan hasil penilaian potensi dan kompetensi (talent pool) yang digelar beberapa waktu lalu oleh Pusat Penilaian Kompetensi ASN, mengerucut empat kesenjangan kompetensi terbesar yang terdapat pada ASN. Keempat poin itu yakni kemampuan dalam penetapan visi, memprakarsai perubahan, menggagas inovasi dan kemampuan manajemen menyikapi konflik. “Menyikapi itu Pusbang ASN BKN berencana menggelar pelatihan soft skill agar kesenjangan kemampuan yang ada dapat teratasi” jelas Agung di sela-sela rapat pembahasan realisasi pelatihan, Jumat (22/12/2017) di Pusbang ASN, Ciawi, Bogor.

Agung menjelaskan rencananya pelatihan soft skill meliputi 3 pelatihan yaitu mengeksekusi strategi, memimpin perubahan dan menciptakan inovasi. Pembahasan tentang realisasi pelaksanaan pelatihan tersebut akan dilanjutkan pada Rabu, 27 Desember 2017 mendatang. dep