25
Sep

Unit Kehumasan Kantor Regional Jadi Bagian Corong Informasi Publik BKN

Makassar – Humas BKN, Dalam kunjungan kerjanya ke Kantor Regional (Kanreg) IV BKN Makassar, Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerjasama BKN, Paryono menyebutkan humas Pemerintah berperan sebagai ujung tombak penyampaian informasi kinerja institusi. “Dikarenakan tugas humas sebagai corong atau sumber informasi, maka Unit Kehumasan memerlukan SDM yang adaptif terhadap tantangan, terutama dalam menghadapi perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi,” ungkapnya kepada pegawai Unit Kerja Kehumasan di Kanreg Makassar, Jumat (25/9/2020), didampingi Kepala Sub Bagian Protokol BKN, Gandy Zudanto.

Mengingat pentingnya pengelolan kehumasan, Paryono menekankan agar pegawai yang bertugas di Unit Kehumasan, termasuk di lingkup Kanreg BKN untuk selalu meningkatkan kompetensinya. Selain familiar terhadap teknologi informasi dan komunikasi, termasuk di dalamnya media sosial, menurutnya pegawai di Unit Kehumasan harus menjalin sinergitas dengan awak media atau lembaga pers sebagai mitra kerja humas, sehingga informasi dapat tersebar luas ke masyarakat dengan baik.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Sub Bagian Protokol BKN, Gandy Zudanto juga menguraikan peran penting aspek keprotokolan di lingkup BKN sebagai bagian dari kinerja kehumasan. Menurutnya banyak hal yang harus dikuasai oleh petugas protokol, terutama dalam managemen penyiapan sebuah kegiatan. Dalam tugas itu, seorang petugas protokol menyiapkann acara, pengaturan tata tempat, susunan acara, penerimaan tamu, hingga jamuan makan. “Protokol juga bertanggung jawab terhadap kelancaran acara dari awal berlangsung hingga akhir acara. Dari setiap acara, kami melakukan evaluasi terus-menerus untuk lebih meningkatkan kualitas dan produktivitas kerja,” terangnya.

Diskusi kerja di Unit Kehumasan Kanreg ini dipandu oleh Kepala Bagian Tata Usaha Kanreg IV BKN, Anna Hasnah Hasaruddin bersama sejumlah Pejabat Pengawas, dan Pejabat Fungsional Kehumasan di lingkungan Kanreg IV BKN Makassar. HumasKanregMakassar