30
Sep

UPT BKN Gorontalo Sebagai Tangan Percepatan Layanan Kepegawaian Daerah

Gorontalo – Humas, Komitmen BKN dalam menjangkau percepatan layanan kepegawaian di daerah terus dilakukan, salah satunya dengan menghadirkan Unit Pelayanan Teknis (UPT) di berbagai daerah. Setelah meresmikan UPT BKN Semarang, Serang, dan Jambi beberapa waktu lalu, BKN selanjutnya menghadirkan UPT BKN Gorontalo untuk mendekatkan pelayanan kepegawaian kepada masyarakat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Provinsi Gorontalo. UPT BKN Gorontalo merupakan UPT yang ke-4 (empat) yang diresmikan BKN sejak awal tahun 2016.

UPT BKN Gorontalo berlokasi di Jl. H. DJ Rachman (Kantor Samsat Lama), Kabupaten Gorontalo.

UPT BKN Gorontalo berlokasi di Jl. H. DJ Rachman (Kantor Samsat Lama), Kabupaten Gorontalo. (foto: ast)

UPT BKN Gorontalo berlokasi di Jl. H. DJ Rachman (Kantor Samsat Lama), Kabupaten Gorontalo. Peresmian UPT Gorontalo ini akan dilakukan oleh Kepala BKN, Bima Haria Wibisana bersama Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, Bupati, serta jajaran Sekretaris Daerah Provinsi/Kota dan Kabupaten pada Jumat, 30 September 2016 pukul 13.30 WITA. Turut dihadiri oleh Kapolres Kab. Gorontalo dan seluruh Kepala BKD wilayah kerja Kantor Regional BKN Manado.

UPT Gorontalo merupakan salah satu dari 9 (sembilan) UPT BKN yang akan didirikan pada tahun 2016. UPT BKN yang tersebar akan membantu pemerintah daerah dalam mengawal penyelenggaraan kepegawaian di daerah. Fungsi utama UPT BKN akan menyediakan sarana pelaksanaan rekrutmen CPNS, seleksi dalam jabatan, pemetaan kompetensi, dan seleksi ujian ikatan dinas melalui Computer Assisted Test (CAT BKN). UPT BKN juga menyediakan fasilitas Assessment Center yang digunakan untuk mempermudah pelaksanaan penilaian kompetensi ASN seperti Talent Pool Jabatan Pimpinan Tinggi.

Acara Peresmian UPT BKN Gorontalo akan diawali dengan Penyerahan lahan UPT secara simbolis kepada Kepala BKN dan Penandatanganan MOU, Penandatanganan Prasasti, Pembukaan tirai dan gunting pita oleh Kepala BKN, Gubernur Gorontalo dan Kepala Kanreg XI BKN Manado untuk kemudian dilanjutkan dengan Peninjauan Ruang CAT dan Simulasi CAT yang akan diikuti oleh para perwakilan Badan Kepegawaian Daerah serta instansi vertikal di Provinsi Gorontalo.

UPT Gorontalo sudah difasilitasi 2 Ruang CAT dengan kapasitas total 54 orang, dilengkapi dengan kamera CCTV, ruang monitoring, registrasi, administrasi, ruang tunggu serta loker untuk peserta yang sudah sesuai standar stasiun CAT.

Sekretaris utama BKN, Usman Gumanti menyampaikan bahwa UPT merupakan cikal bakal pengembangan organisasi yang lebih besar dan nantinya juga akan melayani layanan kepegawaian selain fasilitasi berbasis CAT dan Assessment Center. Usman juga mengungkapkan bahwa kehadiran 9 (Sembilan) UPT BKN diharapkan dapat meningkatkan kualitas percepatan pelayanan kepegawaian di seluruh Indonesia, serta mempermudah sinergi BKN dengan seluruh komponen kepegawaian daerah. Ast