06
Sep

UPT BKN Kota Serang Dekatkan Layanan Kepada Masyarakat dan ASN di Provinsi Banten

Jakarta-Humas BKN, Sebagai Upaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan Aparatur Sipil Negara di Provinsi Banten, BKN kembali meresmikan Unit Pelayanan Teknis (UPT) BKN untuk penyelenggaraan seleksi calon dan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berlokasi di Jalan KH. Sochari Nomor 40 Kota Serang Banten. Acara peresmian yang akan dilaksanakan pada Rabu, 7 September 2016 pada pukul 09.00 WIB di Pendopo Kompleks Kantor Pemerintah Provinsi Banten akan diawali dengan penandatanganan Prasasti oleh Kepala BKN Bima Haria Wibisana. Direncanakan acara ini dihadiri oleh Gubernur Banten Rano Karno, Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian (SINKA) BKN, Sekretaris Utama BKN, Sekretaris Daerah Provinsi Banten serta para pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkungan BKN ataupun Pemerintah Provinsi Banten.

Acara penandatanganan prasasti direncanakan dimulai pada pukul 09.00 WIB di Pendopo Kompleks Pemerintah Daerah Provinsi Banten. Usai penandatangan prasasti, acara akan dilanjutkan dengan melakukan kunjungan ke lokasi UPT yang akan dilakukan pada pukul 13.00 WIB. Seremonial dilakukan dengan pembukaan tirai dan gunting pita oleh Kepala BKN dan Gubernur Banten. Pada kesempatan itu juga akan dilaksanakan simulasi seleksi menggunakan Computer Assisted Test (CAT) BKN yang diikuti oleh para perwakilan Badan Kepegawaian Daerah serta instansi vertikal di Provinsi Banten.

Sekretaris Utama BKN Usman Gumanti menjelaskan bahwa hadirnya UPT BKN merupakan salah satu bentuk pengembangan layanan BKN dalam memfasilitasi pelaksanaan seleksi rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) dan juga penilaian kompetensi ASN. Usman berharap dengan adanya UPT BKN ini akan lebih mendekatkan pelayanan BKN kepada masyarakat dan ASN di Provinsi Banten.

Dengan peresmian ini, UPT BKN Serang mejadi UPT ketiga setelah sebelumnya diresmikan UPT BKN di Jambi dan Semarang. Kapasitas UPT BKN Serang ini terdiri Ruang CAT dengan jumlah kapasitas computer sebanyak 47 buah, Ruang Tunggu, Ruang Monitoring beserta ruang Server dan UPS, Ruang Kepala UPT, Ruang staff, Ruang Rapat, Ruang Dokumentasi serta fasilitas umum yakni musholla dan toilet.

Selain tiga UPT BKN yang telah resmi dibuka (Jambi, Semarang dan Serang), pada tahun 2016 ini, BKN akan membuka UPT BKN lainnya  yang berlokasi di Gorontalo, Padang, Mataram, dan Kota Kendari.  Keberadaan UPT BKN ini sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan kepegawaian disamping 14 Kantor Regional BKN yang sudah ada. Fhu