29
Jul

UPT BKN Sebagai Upaya Peningkatan Pengelolaan Manajemen SDM ASN

Peletakan Batu Pertama Pembangunan UPT BKN Provinsi Bengkulu

Bengkulu-Humas BKN, Kepala Badan Kepegawaian Negara Bima Haria Wibisana meletakkan batu pertama pembangunan Unit Pelayanan Teknis (UPT) BKN di Provinsi Bengkulu yang berlokasi di JL. WR Supratman, Kel. Pematang Gubernur, Kecamatan Muara Bangka Hulu, Kota Bengkulu, Prov. Bengkulu, Jumat (29/72016). Pembangunan UPT BKN di Bengkulu merupakan pembangunan gedung UPT pertama milik BKN. Adapun untuk pelayanan UPT BKN yang lainnya, BKN pada tahun 2016 ini bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam bentuk pinjam pakai gedung. Selain Bengkulu, 8 UPT BKN yang sudah ada saat ini berada di Semarang, Serang, Kendari, Jambi, Mataram, Gorontalo, Lampung dan Padang. Dalam sambutannya, Bima mengharapkan bahwa pembangunan UPT Bengkulu dapat lebih mendekatkan dan meningkatkan layanan kepegawaian bagi para ASN di Provinsi Bengkulu. UPT BKN diharapkan mampu mendorong peningkatan kualitas SDM ASN di Provinsi Bengkulu. UPT BKN yang berfungsi sebagai fasilitasi CAT BKN dan Assessment Center dapat dimanfaatkan tidak saja dalam hal rekruitmen CPNS tetapi juga dapat digunakan untuk seleksi dalam jabatan, pemetaan kompetensi, ujian kedinasan dan lainnya.

Dalam kesempatan yg sama, Sekretaris Utama BKN, Usman Gumanti menyampaikan bahwa pembangunan UPT BKN memiliki arti yang penting dalam pengembangan SDM ASN di Provinsi Bengkulu. Lebih lanjut Usman mengharapkan bahwa UPT BKN di Bengkulu dapat memberikan pelayanan yang maksimal, dan tidak menutup kemungkinan kedepan UPT BKN ini akan berkembang menjadi Kantor Regional BKN. Usman menjelaskan UPT dibangun di atas tanah milik BKN seluas lebih kurang 7 Hektar yang akan diperuntukkan sebagai gedung UPT BKN yang terdiri dari fasilitasi CAT dan assessment center, rumah dinas, dan fasilitas pendukung lainnya. Acara peletakan batu pertama dihadiri dan disaksikan oleh para pejabat Muspida Provinsi dan Kota Bengkulu.

Sementara itu, kesempatan terpisah Subagyo selaku Pejabat Pembuat Komitmen pembangunan gedung kantor UPT BKN menjelaskan pembangunan gedung UPT akan dilaksanakan dalam 2 tahap dan akan selesai pada pertengahan tahun 2017. Untuk tahap pertama akan diselesaikan pembangunan bentuk fisik bangunan pada akhir bulan November. Dan pembangunan selanjutnya tergantung kemampuan penganggaran yang ada. Mengingat pentingnya peran UPT BKN, Subagyo berharap proses pembangunannya dapat diselesaikan  dengan baik dan tepat waktu. Fhu