20
Nov

UPT XI BKN Pontianak Diresmikan, Wujud Semangat BKN untuk Negeri

Jakarta-Humas BKN,  Untuk memberi kemudahan akses layanan kepegawaian di wilayah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat, BKN mendirikan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Kota Pontianak. Pendirian UPT BKN Pontianak tersebut diresmikan oleh Kepala BKN Bima Haria Wibisana dan Gubernur Kalimantan Barat  Cornelis, Senin (20/11/2017).

Menurut Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan bahwa gagasan pendirian UPT BKN Pontianak sudah sejak Juli 2017. “Gagasan pendirian UPT BKN Pontianak diwujudkan dengan adanya kesepakatan kerjasama antara BKN dan Pemprov Kalimantan Barat tentang Pinjam Pakai Barang Milik Pemprov Kalimantan Barat. Kesepakatan tersebut dirangkum dalam sebuah perjanjian yang ditandatangani oleh Sekretaris Utama BKN dan Sekretaris Daerah Pemprov Kalbar pada 20 Juli 2017 lalu,” terangnya.

Ridwan menambahkan bahwa sebagaimana UPT BKN Lainnya, fungsi utama UPT BKN Pontianak juga untuk menyediakan sarana pelaksanaan rekrutmen CPNS, seleksi dalam jabatan, pemetaan kompetensi, dan seleksi ujian ikatan dinas melalui Computer Assisted Test (CAT BKN). UPT BKN Pontianak juga menyediakan fasilitas Assessment Center untuk mempermudah pelaksanaan penilaian kompetensi ASN seperti Talent Pool Jabatan Pimpinan Tinggi para PNS di lingkungan Pemprov Kalimantan Barat.

UPT BKN Pontianak yang berlokasi di Jalan Veteran Nomor 29 Pontianak merupakan UPT BKN ke-XI (sebelas) yang didirikan dalam kurun waktu tahun 2016-2017. UPT BKN Pontianak didirikan guna meningkatkan hubungan kelembagaan antara BKN dan Pemprov Kalimantan Barat.

UPT BKN Pontianak diharapkan dapat membantu pemerintah dalam mengawal penyelenggaraan kepegawaian di daerah, khususnya dalam pembinaan teknis pengelolaan manajemen ASN di wilayah kerja Provinsi Kalimantan Barat. Sebelumnya pembinaan teknis kepegawaian Pemprov Kalimantan Barat ditangani oleh Kantor Regional V BKN Jakarta. Selamat dan semoga sukses UPT BKN Pontianak, BKN Semangat untuk Negeri. des/bal