24
Mei

Wadir II Politeknik Statistika STIS: SKD Sistem CAT Mempersiapkan ASN Berintegritas

Jakarta – Humas BKN, Seleksi Kompetensi dasar Sekolah Kedinasan dengan menggunakan sistem CAT BKN kembali digelar oleh Politeknik Statistika STIS dan berlangsung di Kantor BKN Pusat, Jakarta, Jumat (24/5/2019). Seleksi yang berlangsung dalam satu sesi selama 90 menit ini diikuti oleh 341 peserta. Sebelumnya mereka telah mengikuti tahap pendaftaran administrasi melalui portal SSCN ASN.

Setelah melalui tahap SKD, peserta yang lolos akan mengikuti tahap seleksi selanjutnya yaitu psikotes dan tes kesehatan. Wakil Direktur II Politeknik Statistika STIS, Titik Harsanti mengatakan bahwa seleksi menggunakan sistem CAT dirasakan sangat efektif dalam mempersiapkan calon ASN sejak awal seleksi karena bukan hanya intelegensi umum (Tes Intelegensi Umum) saja yang diujikan, terdapat pula TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) dan TKP (Tes Kepribadian). “Dalam seleksi ini wawasan kebangsaan dan integritas diuji, jadi benar-benar mempersiapkan ASN yang memang berintegritas sejak awal seleksi.” jelas Titik. Dalam seleksi SKD kali ini, Politeknik Statistika STIS menargetkan sebanyak 85% peserta lolos.

Titik menambahkan bahwa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya di mana STIS hanya membuka pendaftaran bagi peserta lulusan SMA dengan jurusan IPA, tahun ini STIS membuka kesempatan bagi peserta jurusan IPS. Kebijakan ini berawal dari banyaknya permintaan untuk membuka kesempatan mendaftar bagi lulusan IPS. “Tahun-tahun sebelumnya kami tidak buka pendaftaran untuk lulusan IPS, tapi tahun ini kami coba dengan pertimbangan kami telah melakukan peninjauan kurikulum jurusan IPS, apa saja yang dipelajari dan kedalamannya,” jelasnya saat meninjau langsung pelaksanaan SKD. Bukan hanya lulus IPS, pihak Politeknik Statistika STIS saat ini juga tengah mempertimbangkan membuka pendaftaran bagi lulusan SMK. suf