15
Okt

Wapres Boediono : Oh, ini ya CAT?

Jakarta, Humas BKN – Birokrasi yang maju adalah ciri negara maju. Hal ini disampaikan Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. Boediono saat memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi Pameran dan Gelar Capaian Reformasi Birokrasi Nasional yang berlangsung selama satu hari, di Aula Istana Wakil Presiden (Wapres), Jakarta, pada Selasa (14/10/2014). Beberapa undangan Very Important Person (VIP) hadir pada acara tersebut, tampak Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Djoko Suyanto, Kepala Kepolisian Republik Indonesia Sutarman, Kepala Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan Koentoro Mangkusubroto, Gubernur Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono, Gubernur Provinsi Bali Mangku Pastike, dan para Pejabat Eselon I yang mewakili Kementerian/Lembaga Pemerintah Non-Kementerian (LPNK).

Wakil Presiden Boediono saat mengunjungi stand BKN.

Wakil Presiden Boediono saat mengunjungi stand BKN.

Kepala Bagian Keprotokolan Sumardi, selaku Ketua Tim Pameran BKN mengatakan, Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang ikut berkontribusi secara nyata dalam percepatan pembangunan Reformasi Birokrasi Nasional merasa senang bisa ikut ambil bagian pada Pameran dan Gelar Capaian Reformasi Birokrasi Nasional. “Pada kesempatan pameran kali ini, BKN menampilkan Computer Assisted Test (CAT) BKN, selain tidak hanya menjadi program unggulan nasional, CAT-BKN juga bergaransi mampu berkontribusi dalam percepatan pembangunan reformasi birokrasi nasional, melalui rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS),” ucap Sumardi kepada staf Hubungan masyarakat (Humas) BKN yang hadir meliput.

Lebih lanjut, Wapres Boediono memberikan apresiasi terhadap BKN, hal ini diucapkan langsung saat beliau mengunjungi stand pameran BKN. “oh, ini ya CAT”, ujar beliau. “Bagus..bagus..” tambahnya. Sumardi yang mendampingi Wapres Boediono saat itu, menjelaskan bahwa total ada 387 instansi yang rencananya akan difasilitasi oleh CAT-BKN dalam penerimaan CPNS tahun 2014. “Untuk informasi Pak, saat ini rencananya ada 387 Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah yang akan menggunakan CAT-BKN. Beberapa instansi sudah ada yang rampung dan sisanya sedang berjalan,” jelas Sumardi kepada Wapres Boediono.

Tim Pameran BKN.

Tim Pameran BKN.

Kemudian, Sumardi mengatakan, meskipun BKN melalui CAT-nya sudah bekerja maksimal dalam percepatan pembangunan Reformasi Birokrasi Nasional, namun tetap capaian ini ternyata belum mampu mengangkat nilai Reformasi Birokrasi BKN secara keseluruhan. Hal ini mengindikasikan bahwa BKN tetap dituntut untuk dapat memberikan lebih dari apa yang sudah ada saat ini. “Ya, nilai Reformasi Birokrasi BKN tidak mengalami peningkatan, masih tetap dengan tahun lalu, 47%. Meskipun begitu, BKN tetap harus memberikan 100%, bahkan kalau perlu 110 %, guna tercapainya cita-cita Reformasi Birokrasi Nasional,” tutup Sumardi. Berry