28
Agst

Wujudkan ASN Unggul dan Berkarakter, Pusbang ASN BKN Gelar Penyamaan Persepsi Aktualisasi Nilai Dasar Profesi PNS

Ciawi-Humas BKN, Pusat Pengembangan Aparatur Sipil Negara Badan Kepegawaian Negara (Pusbang ASN BKN) menggelar Koordinasi Penyamaan Persepsi Aktualisasi Nilai Dasar Profesi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Aula Pandji Soeroso, Pusbang ASN BKN, Ciawi pada Selasa (27/08/2019). Kegiatan ini dihadiri oleh Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pengawas dan Administrator di lingkungan BKN, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), serta Pemerintah Kota Bekasi yang nantinya akan menjadi mentor bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) peserta Pelatihan Dasar (Latsar) gelombang empat angkatan II, IX, dan X dalam penyusunan aktualisasi.

Nur Hasan selaku Kepala Bidang Pengelolaan Diklat ASN BKN menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman yang sama antara pihak penyelenggara dan mentor, sehingga dapat memberikan pengarahan serta pendampingan kepada peserta Latsar dalam menyusun aktualisasi yang akan menjadi bahan penilaian setiap peserta. Nur Hasan juga mengimbau agar mentor dari setiap instansi mampu secara maksimal dalam membimbing peserta latsar, karena hal tersebut dianggap krusial demi mencetak ASN yang unggul dan dapat memajukan Negara. “Latsar yang dijalani oleh CPNS merupakan pengembangan kompetensi yang dilakukan secara terintegrasi, yakni dengan memadukan pelatihan klasikal dan non-klasikal, serta kompetensi sosiokultural dengan kompetensi bidang sesuai Peraturan LAN 12 Tahun 2018,” pungkasnya.

Widyaiswara Pusbang ASN BKN, Pepen Julia Effendi menyampaikan, tujuan diadakannya Latsar bagi ASN adalah untuk meningkatkan softskill bagi CPNS guna membentuk seorang ASN profesional yang berkarakter sebagai pelayan masyarakat. Hal ini sesuai dengan tujuan Pusbang ASN BKN untuk meningkatkan kompetensi, kinerja ASN, serta kapabilitas talenta ASN. “Hal tersebut sejalan dalam mewujudkan visi BKN untuk menjadi pembina dan penyelenggara manajemen kepegawaian yang profesional dan bermartabat tahun 2025,” tutur Pepen. bur/han/kaw