08
Nov

Wujudkan Pelaksanaan Sistem Merit, BKN Susun Formulasi Rumpun Jabatan

Jakarta-Humas BKN, Pusat Pengkajian dan Penelitian Kepegawaian (Puskalitpeg) Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyelenggarakan Seminar Laporan Penelitian Formula Rumpun Jabatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kantor Pusat BKN, Jakarta pada Jumat (08/11/2019). Seminar tersebut dihadiri oleh Pejabat Administrator dan Pengawas di lingkungan BKN Pusat serta narasumber dari Kementerian Keuangan.

Sekretaris Utama BKN, Supranawa Yusuf menyampaikan bahwa manajemen PNS diselenggarakan berdasarkan sistem merit sesuai amanat Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 dengan melaksanakan sembilan kriteria, salah satunya memiliki manajemen karier yang terdiri dari perencanaan, pengembangan, pola karier, dan kelompok rencana suksesi yang diperoleh dari manajemen talenta. Untuk mewujudkan sistem merit, Instansi Pemerintah juga memiliki poin pra-syarat dengan melaksanakan manajemen karir melalui career plan. “Career plan tersebut sangat dibutuhkan dalam penyusunan rumpun jabatan yang mendukung pelaksanaan sistem merit,” ujar Sestama.

Kepala Puskalitpeg BKN, Achmad Slamet Hidayat menjelaskan bahwa seminar ini bertujuan untuk memberikan masukan yang positif terhadap hasil penelitian yang telah dilakukan Puskalitpeg. Rumpun jabatan PNS ini dilaksanakan dalam konteks perencanaan suksesi manajemen talenta guna mewujudkan sistem merit untuk kemudian menjadi data Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara (SI-ASN) yang dikembangkan oleh BKN. “Hal itulah yang mendasari BKN melaksanakan penelitian tersebut dalam rangka mengelompokkan pekerjaan berdasarkan fungsi dan tugas yang sama melalui rumpun jabatan,” ujar Achmad.

Melalui Penelitian Formulasi Rumpun Jabatan tersebut, Puskalitpeg BKN merumuskan sembilan jenis rumpun jabatan di antaranya administrasi, ekonomi dan keuangan, hukum, politik dan pemerintah, SDM, ICT, infrastruktur, penelitian, kesehatan, serta sains dan Lingkungan. kaw