24
Jul

BKN Rampungkan Pemberkasan NIP GGD Tahap II

Humas-BKN. Sebagai kelanjutan percepatan proses pengangkatan Guru Garis Depan (GGD) menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) menyelesaikan pemberkasan Nomor Induk Pegawai (NIP) GGD Tahap II.

Kepala BKN, Bima Haria Wibisana saat menutup acara Pemrosesan dan Penetapan NIP dan Surat Keputusan (SK) CPNS GGD Tahap II di Hotel Menara Peninsula, Jakarta, Senin (24/7/2017) menyatakan bahwa GGD yang lolos verifikasi dan validasi (Verval) BKN akan diangkat menjadi CPNS Terhitung Mulai Tanggal (TMT) 1 Agustus 2017. Pengangkatan ini merupakan batch (angkatan) pertama  pengangkatan CPNS di tahun 2017 berdasarkan Nawacita Presiden Joko Widodo. Batch pertama ini meliputi implementasi Indonesia Sehat (PTT Kesehatan), Indonesia Pintar dan Membangun dari Pinggiran (GGD), dan Peningkatan Produktivitas Rakyat (Penyuluh Pertanian). Secara total akan ada 6.296 GGD yang akan ditempatkan di 14 provinsi dan 93 kabupaten.

Bima menjelaskan bahwa penempatan GGD harus berdasarkan formasi yang telah ditetapkan oleh Kemenpan RB. Sementara itu, Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Sumarna Surapranata menyampaikan bahwa pemrosesan GGD memang relatif lama karena beberapa hal.

Kegiatan ini dilakukan secara maraton dan melibatkan berbagai unsur, yaitu Kantor Regional BKN, BKD Provinsi, BKD Kabupaten, Biro Kepegawaian Kemendikbud, dan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud. Hadir pula beberapa perwakilan Gubernur dan Bupati yang menjadi lokasi penempatan GGD Tahap II.

Sampai dengan berita ini diturunkan, penetapan NIP telah melebihi 95%. Sisa proses akan diteruskan sampai selesai. [mr]