31
Des

30 hari bersama Badan Kepegawaian Negara RI

Saya Ismi, seorang mahasiswa semester 7 jurusan komunikasi Penyiaran Islam UIN Jakarta. sebagai mahasiswa semester akhir, magang menjadi kurikulum wajib demi memenuhi syarat kelulusan gelar sarjana. Yang pada akhirnya mengantarkan saya untuk magang di BKN, yakni di Biro Humas bagian protokol. Awalnya, saya harus menunggu antrian magang hingga tahun depan dikarenakan pada saat saya mendaftar, sudah banyak pemagang. Namun akhirnya setelah berkonsultasi, saya diarahkan untuk menemui Pak Ari, selaku kasubag TU keprotokolan untuk mengajukan magang. Dan yap. Saya magang pada awal november 2019.

Dengan periode magang yang terbilang singkat, banyak pengalaman dan ilmu baru yang saya dapat. tapi tentunya tidak puas rasanya jika membicarakan dalamnya ilmu. Dan ya, belajar tidak melulu harus di dalam ruangan, dengan buku yang penuh teori. Sangat perlu bahkan belajar turun di lapangan, untuk mengeksekusi tiap ilmu yang didapat dari teori-teori. Banyak yang dilakukan selama magang di biro humas keprotokolan, salah satunya yakni membuat jadwal rutin harian para pejabat tinggi BKN. Selain itu, saya juga membantu Pak Ari menjadi operator bilamana ada kunjungan ke kantor BKN, dari tingkat sekolah hingga perguruan tinggi, baik dari dalam maupun luar kota, kemudian menjadi notulen rapat, hingga meliput berita. Magang di biro humas membuat saya belajar untuk bagaimana cara menempatkan sikap yang baik, terutama di dalam organisasi/lembaga. Cara berkomunikasi yang baik dengan atasan, rekan, kesabaran dan kedisiplinan. Yap, karena dibutuhkan jarak tempuh 21 km untuk sampai di BKN dari kediaman saya di Ciputat. Otomatis saya harus me-manage waktu dengan baik supaya sampai di kantor tepat waktu. Melelahkan? Bisa dibilang. Tapi saya yakin jarak yang saya tempuh akan terbayar lunas dengan pengalaman dan ilmu baru di BKN.

Sesekali saya juga diminta untuk membantu Bu Linda di ruang Kepala. Saya diajarkan cara untuk mengagendakan surat yang masuk ke BKN. The point is, don’t be afraid to try something new or your life will get boring. So, ya! Thank you BKN for the best memories. See ya!