skip to Main Content

Humas BKN it’s so Awesome!!

Praktek Kerja Lapangan (PKL) atau magang adalah kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar dalam arti sebenarnya karena teori dan praktek akan berjalan secara seimbang. Saya Niken Larasati mahasiswi Ilmu Komunikasi peminatan Public Relations semester 7 di Universitas Persada Indonesia Y.A.I. Sebagai salah satu syarat perkuliahan, saya diharuskan magang sebelum mengambil studi skripsi, dan saya tertarik untuk melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Humas Badan Kepegawaian Negara selama 1 bulan.

Di hari pertama saya merasa gugup, namun setelah bertemu dengan staf humas yang ramah dan welcome banget bangettt hahaha saya menjadi lega dan senang juga. Saya diberi pengarahan tentang humas dan pembagian kerjanya. Humas BKN dibagi menjadi tiga bagian yaitu protokol, hubungan media, serta publikasi. Protokol bertugas sebagai pelaksana keprotokoleran, hubungan media berperan di bidang peliputan dan hubungan pers dengan media. Sedangkan bagian publikasi bertugas sebagai pengolah informasi, publikasi, dan dokumentasi kegiatan BKN.

Niken Larasati, mahasiswi ilmu komunikasi peminatan Public Relations Universitas Persada Indonesia Y.A.I

Di bagian protokol, tugas rutin saya adalah konfirmasi jadwal kegiatan pejabat eselon 1 dan 2 serta menginformasikannya ke beberapa unit kerja. Saya juga sempat diberi tugas seperti membuat notulen, membuat berita, rekapitulasi, hingga meliput kegiatan BKN.

Menulis berita yang layak unggah di website adalah salah satu pengalaman pertama yang menantang bagi saya ketika PKL. Liputan pertama kali saya saat itu saya ditugaskan untuk mengikuti “Rapat KPLB (Kenaikan Pangkat Luar Biasa)” yang dimana berkumpulnya PNS-PNS berbakat dan membawa inovasi mereka untuk dipresentasikan bersama saat rapat KPLB. Dan itu menurut saya hal yang menarik karena inovasi mereka yang sangat kreatif dalam membuat program kerja. Saya bersama sahabat saya Callista Dwi Andriani satu kampus dan didampingi oleh staf bagian hubungan media Kak Desi dan Kak Mia. Kami meliput acara tersebut sebagai bahan untuk membuat berita. Saat itu saya merasa ragu dapat membuat berita yang layak unggah. Namun dengan bimbingan Kak Desi mampu membuat berita yang baik hingga mendapat ACC dari kassubag hubungan media untuk diposting di web BKN.

Pengalaman dan ilmu tersebut saya dapatkan dengan cara yang tidak membosankan. Ketika saya memilih Badan Kepegawaian Negara sebagai tempat magang, saya berharap ilmu yang saya dapat sesuai dengan ekspektasi. Setelah menjalani hari-hari magang tidak hanya ilmu dan pengalaman yang saya dapatkan namun rasa kekeluargaan dapat saya rasakan (staf Biro Humas yang humble, tidak pelit ilmu, memberi wejangan, dan selalu mengayomi) khususnya serta mendapat teman-teman baru (teman-teman PKL dari Universitas Pendidikan Negri Jakarta dan IBN) yaitu bella, shafa, kurnia, dan intan yang membuat saya enjoy menjalani magang selama 1 bulan di Biro Humas BKN.

Terimakasih BKN. Terimakasih Biro Humas atas kesempatan, ilmu, dan pengalaman menariknya.

Back To Top