08
Agst

Internship Experience at Humas BKN

Perkenalkan saya mahasiswi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara Jakarta, Jurusan Public Relations. Seperti yang kita ketahui bahwa setiap universitas pasti memiliki progam magang itu sendiri, dan kebetulan saya harus melakukan program tersebut untuk menjadi salah satu syarat agar bisa melanjutkan ke mata kuliah selanjutnya yaitu skripsi.

Lalu saya pun mulai mengajukan CV ke berbagai perusahaan entah itu perusahaan negeri atau pun perusahaan swasta, walau sudah mengirim CV ke berbagai perusahaan tapi tidak ada tempat magang yang sesuai dengan saya. Saya juga sudah berulang kali melakukan interview di berbagai perusahaan tapi divisi yang mereka tawarkan kebanyakan tidak sesuai dengan jurusan saya dan kantor perusahaan tersebut terlalu jauh dari tempat tinggal saya.

Saya pun mulai kebingungan karena belum juga mendapatkan tempat magang yang sesuai dengan saya dan tidak begitu jauh dari tempat tinggal saya, sementara teman-teman saya sudah mendapatkan tempat magang.

Pada akhirnya saya pun mencari informasi mengenai tempat magang yang sesuai dengan jurusan melalui internet dan saya pun mendapatkan informasi mengenai magang di BKN sebagai Humas. Setelah mendapat informasi tersebut saya pun langsung mendatangi kantor BKN sendiri, sesampai saya disana saya langsung memasuki salah satu gedung dan bertanya dimana ruang humas, saya pun disuruh ke gedung 1 lt 1, sesampai di gedung tersebut saya bertanya kepada salah satu pegawai di gedung itu dan ternyata pegawai tersebut adalah Kepala Biro Humas dan Protokol yaitu Pak Tumpak Hutabarat dan saya pun berbincang-berbincang sedikit dengan beliau sambil diantar ke ruang pak subali.

Sesampai diruang humas saya langsung bertemu dengan pak subali dan saya langsung mengatakan tujuan saya datang kesini. Tapi ternyata tujuan saya ini mendapat halangan sedikit bahwa ditanggal yang saya inginkan untuk melakukan magang sudah diisi oleh orang lain, walau begitu pak subali pun memberikan saran bahwa saya mulai magang di bulan ini saja dan saya langsung menerimanya.

Pada hari kamis, 26 juni 2014 itu merupakan hari pertama saya magang di Humas BKN, disini saya pun diperkenalkan dengan pegawai Humas BKN yaitu, Pak Aman, Pak Berry, Pak Agus, Mba Dini, Mba Diah, dan Pak Subali sendiri. Mereka semua merupakan orang-orang yang ramah serta memiliki jiwa disiplin yang tinggi  dan sangat bertanggung jawab terhadap pekerjaanya.

Dihari ini pun saya mengawali magang saya dengan mengangkat telepon dari intern maupun ekstern dan saya di minta untuk menjadi Notulen dalam pertemuan dengan perwakilan DPRD dari beberapa kabupaten  yang datang untuk audiens dengan pihak BKN. Menurut saya ini pekerjaan yang sebetulnya tidak pantas untuk saya, namun saya bersyukur dan berterima kasih kepada Mba Dini karena telah memberikan peluang dan kepercayaan kepada saya. Saya pun mencoba membuat berita mengenai pertemuan DPRD ini.

Dan dihari-hari selanjutnya saya pun masih terus membuat Notulen dan sesekali saya diajak makan bersama yang lain. Hampir setiap hari, saya di beri kesempatan untuk turut mengambil bagian dalam setiap kegiatan. Banyak kegiatan yang saya ikuti dimana kegiatan-kegitatan yang sebelumnya belum pernah saya pikirkan.

Saya pun tidak di anggap hanya sebagai mahasiswa magang tapi saya sudah di anggap seperti keluarga mereka, sehingga dalam melaksanakan tugas tidak dalam keadaan tertekan namun lebih terbuka dan penuh semangat.

Bahagia rasanya menjadi salah satu bagian dari Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), karena disinilah saya banyak mendapatkan hal – hal baru yang belum pernah saya dapatkan sebelumnya. Disini pun saya juga mendapatkan teman baru selama saya magang di BKN. Dan selama saya mengikuti Kegiatan di Humas BKN ini, saya merasa bahwa banyak sekali pengetahuan yang membekali diri saya dan ini sangat bermanfaat untuk menempuh karier saya kedepannya.

Terima kasih Humas BKN yang telah menerima dan membimbing saya selama magang dengan penuh keramahan.

 

Penulis : Flavita Silka Angela, Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi, konsentrasi Public Relations, Universitas Tarumanagara, Jakarta.

Penulis : Flavita Silka Angela, Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi, konsentrasi Public Relations, Universitas Tarumanagara, Jakarta.