02
Nov

Kok Kita Sih yang Liputan??

Berawal dari bertanya kepada senior saya di Universitas Nasional, Yopi Chairul, saya langsung tertarik dengan BKN. Karena saya fikir, di Humas BKN saya akan mendapatkan banyak sekali ilmu yang berhubungan dengan Public Relations. Akhirnya saya memutuskan untuk magang di Humas BKN. Setelah bernegosiasi dengan Mba Dini, saya dan Mayang masuk tanggal 11 Agustus 2014.

Hari pertama saya magang, saya dijelaskan tugas-tugas yang akan dilakukan, seperti menulis berita, notulensi, dan memberikan informasi serta pelayanan melalui telepon. Di hari kedua, saya dan Mayang langsung diajak oleh Pak Aman untuk liputan di ruangan Computer Assisted Test (CAT) BKN.

Masih bingung dan heran, ‘kok kita sih yang liput? Kita kan gak bisa menulis berita’ hanya itu yang ada difikiran. Namun, semuanya hanya bilang ‘ nanti kan dibantu, nanti dibantu edit kok beritanya. Selain berita yang sudah menjadi kewajiban kita ketika hadir di suatu acara, pengaduan mengenai CPNS pun sangat banyak sekali melalui telepon. Namun semua dapat di handle dengan baik, karena pegawainya sangat proaktif dan cekatan. Seiring berjalannya waktu selama 1 bulan, banyak sekali pelajaran yang diberikan Humas BKN, terutama Pak Subali. Beliau sangat membimbing saya dalam menulis berita dan selalu menjabarkan secara rinci mengenai Pegawai Negeri Sipil.

Terima kasih Humas BKN, Terima kasih Pak Tommy yang humble, Pak Subali yang aware, Mba Dini yang rada jutek tapi baik, Mba Astri yang care, Pak Berry yang pelanggaran, Pak Kis yang baik hati. Terima Kasih, semoga tahun depan saya lulus jadi CPNS dan bisa bekerja di BKN sebagai Humas!!! Aminnnn…….

Penulis: Arum Mewangi Suksma, Mahasiswi Universitas Nasional, Jakarta.

Penulis: Harum Amalia Rizky, Mahasiswi Universitas Nasional, Jakarta.