08
Jun

Magang di BKN Tidak Pernah Ada Rasa Bosan

Saya Adilla mahasiswi Kalbis Institute Jurusan Public Relations. Saat ini saya sedang menempuh semester akhir. Pada kesempatan kali ini, saya akan menceritakan bagaimana sangat tertariknya saya Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Badan Kepegawaian Negara (BKN). BKN merupakan pilihan pertama saya dalam melaksanakan PKL sebagai pemenuhan tugas di semester akhir ini. Awal pertama datang ke BKN, keramahan para pegawai BKN sangat hangat menyapa dan menerima kedatangan saya. Semua menyapa dan tersenyum, saya sapa dan membalas senyuman dari bapak/ibu yang ada di lingkungan ini.

Saat mengajukan surat PKL ke bagian persuratan yang saat itu berada di gedung 3, saya bertemu dengan Pak Yan lalu beliau mengarahkan untuk terlebih dahulu menghubungi Pak Arif di gedung 1. Saya berjalan ke gedung 1 untuk menemui Pak Arif kemudian saya memperkenalkan diri dan diajukan beberapa pertanyaan oleh beliau. Maksud dan tujuannya untuk mengetahui kemampuan dan apa saja yang sudah saya pelajari selama belajar di kampus. Setelah berbincang-berbincang dan surat pengajuanpun telah dibaca, kemudian surat tersebut langsung di terima dan ditanda tangani oleh beliau. Hanya membutuhkan waktu satu hari saja untuk mengurus surat PKL dengan tempat yang dari awal sudah saya inginkan dan Alhamdulillah berjalan dengan lancar.

Pelaksanaan PKL di BKN saya lakukan dalam waktu dua bulan. Hari pertama saya datang ke tempat ini untuk melaksanakan magang, kembali disambut hangat oleh masyarakat di lingkungan BKN. Mulai dari petugas keamanan dan para pegawai disini menyapa dengan senyuman terbaik mereka. Saya bertemu kembali dengan Pak Arif dan beliau mengarahkan saya untuk menemui Pak Berry selaku mentor yang berada di Subbagian Publikasi dan Dokumentasi. Pada minggu pertama saya berada di Subbagian Publikasi dan Dokumentasi sudah banyak mengetahui pola komunikasi serta perilaku yang berada dalam ruang lingkup kerja ini. Pengalaman pertama saya di PKL ini adalah mengikuti kegiatan audiensi dan notulensi serta pembuatan berita yang dihadiri langsung oleh DPRD Kabupaten Langkat. Saya tidak merasa kesulitan untuk melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh para mentor disini. Semua mengajarkan dengan sangat baik dan memberikan instruksi dengan sangat jelas. Sehingga semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik.

Minggu selanjutnya saya berpindah ke Subbagian Protokoler, tugas yang dilaksanakan pada subbagian ini berhubungan langsung dengan pejabat-pejabat eselon 1 dan eselon 2. Mulai dari penyebaran undangan, konfirmasi kegiatan yang dilaksanakan oleh pejabat eselon 1 dan eselon 2 untuk hari-hari kedepannya. Perpindahan anatar subbagian ini saya lakukan setiap dua minggu sekali dengan teman-teman PKL lainnya.

Selama di BKN saya mendapat pengalaman dan pelajaran tambahan baik dari sisi sosial, kedisiplinan, keberanian, etika, ramah tamah, tanggung jawab, pelajaran mengenai kegiatan humas dari segi pemerintahan.

Satu cerita yang membunuh rasa penasaran saya dan akhirnya saya belajar untuk melaksanakan tugasnya adalah disaat salah satu mentor memberikan saya kepercayaan untuk membuat desain publikasi dalam rangka HUT BKN RI yang ke 68. Dimana desain tersebut adalah berupa pengumuman untuk lomba penulisan artikel yang diikuti oleh seluruh pegawai yang berada di lingkungan BKN RI dan seluruh kantor regional yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia. Awalnya saya sedikit ragu untuk membuat desain tersebut mengingat kemampuan yang saya nilai tidak terlalu pandai dalam mengolah gambar (desain). Akan tetapi, saya sangat tertarik untuk membuat desain tersebut.

Desain pertama yang saya buat mendapat banyak sekali kritikkan dan masukkan yang diberikan oleh para mentor kepada saya. Setelah beberapa kali saya membuat desain sesuai dengan yang diinginkan dan diharapkan oleh panitia acara, akhirnya desain saya diterima serta dipublikasikan di mading BKN pada bagian info BKN. Tak lama berselang dari hasil desain pertama, saya mendapatkan tugas membuat desain yang kedua dengan tema kuis BKN. Pada desain kedua dibantu oleh Pak Firman (Desainer handal di biro Humas) untuk mengoreksi desain yang telah saya buat agar konteks dan konten tidak terdapat kesalahan didalamnya. Beberapa kali menerima revisi terkait dengan desain yang saya buat, desain di terima dan selanjutnya ditempel kembali di mading BKN.

Selama dua bulan magang di BKN tidak pernah ada rasa bosan yang menyelimuti diri saya, karena banyak sekali yang membuat saya senang menjadi bagian dari keluarga humas BKN. Para staf yang ramah dan seluruh anak PKL yang berada di lingkungan humas diberikan kesempatan yang sama untuk mempelajari banyak hal, serta pesan-pesan positif selalu diingatkan kepada saya untuk bekerja aktif, bertanggung jawab, dan profesional.

Terima kasih banyak saya ucapkan kepada seluruh keluarga besar Biro Hubungan Masyarakat BKN. Atas kesempatan yang diberikan kepada saya. Kebaikan bapak/ibu tidak akan pernah bisa di lupakan. Semoga kita dapat menjalin hubungan dan kerja sama yang baik hingga waktu yang tidak ditentukan.

 dila

 

Salam semangat selalu untuk keluarga besar Biro Hubungan Masyarakat

Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia