28
Okt

Magang di Humas BKN, Dag Dig Dug Pas Liputan!

Setelah satu bulan lamanya magang di Humas BKN banyak sekali keseruan, manfaat, dan pengalaman yang saya dapatkan. Di sini orangnya seru-seru lho. Mereka sangat welcome kepada mahasiswa magang yang masih sangat awam dengan dunia kehumasan. Di sini juga saya bisa dapat banyak ilmu, dapat banyak teman-teman baru dari berbagai Universitas dan dapat banyak pengalaman baru yang seru. Para staff di sini juga sabar-sabar sekali dalam membimbing saya yang banyak tanya tentang berbagai informasi dan pekerjaan Humas di BKN.

Di Humas BKN para mahasiswa dipercaya untuk turun langung ke lapangan lho, jadi kita benar-benar merasakan profesi Humas itu seperti apa. Dengan beberapa pekerjaan yang diberikan kepada saya, saya juga jadi bisa menerapkan ilmu dan teori yang sudah diajarkan di kampus ke dalam pekerjaan-pekerjaan tersebut. Seperti Meliput kegiatan BKN, menulis berita, membuat press release, membuat notulen dan lain sebagainya.

Salah satu pengalaman yang paling berkesan adalah pada saat saya ditugaskan untuk meliput acara TKD 2014 dengan CAT-BKN dari Kementerian Kehutanan (Kemenhut). Itu adalah pengalaman pertama kali saya meliput kegiatan seperti itu. Pada saat saya ditugaskan untuk liputan tersebut saya merasa gugup sekali, perasaan campur aduk karena sebelumnya belum pernah melakukan kegiatan liputan dan bertemu dengan banyak orang seperti itu. Ketika saya sampai di TKP saya bingung melihat orang sebanyak itu, siapa yang harus saya interview, tapi akhirmya saya memberanikan diri untuk menemui beberapa Panitia dari Kemenhut. Setelah saya mengobrol lebih jauh ternyata semua bisa dilaksanakan dengan baik. orang-orang yang ditemui juga sangat komunikatif, seru-seru dan saya jadi banyak tahu tentang banyak hal, seperti bagaimana pelaksanaan TKD dengan CAT-BKN, skor tertinggi peserta pada saat itu, bagaimana kesan-kesan peserta tentang CAT-BKN dan sebagainya. Setelah itu hasil liputan yang saya dapatkan, saya ramu menjadi sebuah berita dengan judul: Hari Pertama Skor TKD CAT-BKN 2014 Mentok di 400. Berita tersebut langsung diunggah ke web  BKN.

Hal yang ingin saya sampaikan adalah keseruan yang ada di humas BKN, suasana kerja di BKN juga sangat menyenangkan. Suasana kekeluargaannya terasa sekali, bekerja menjadi santai karena selalu ada celetukan-celetukan dari para staff yang membuat orang-orang di ruangan tertawa.

Terima kasih banyak Humas BKN telah memberi kesempatan untuk saya berkontribusi dan merasakan menjadi seorang Praktisi Humas di dunia kerja yang sebenernya selama satu bulan saya magang di Humas Badan Kepegawaian Negara. Danke BKN!!!

mtf_TtZSN_122.jpg

Penulis: Dinar Rachmanty, Mahasiswa Universitas Sahid-Jakarta.