01
Des

Magang di Humas Tidak Hanya Menulis Berita

Assalamualaikum wr wb…

Encang encing enyak babe….

Alhamdulillah aye diterima magang di Badan Kepegawaian Negara Pusat selama satu bulan. Pertama mau magang bingung banget mau kemana, dimana dan bagaimana. Akhir nya searching di mbah google nemu web www.bkn.go.id ternyata menerima mahasiswa magang wah seneng banget rasa nya. Awal masuk magang disini belum dikasi tugas apa-apa sempet ada rasa bête, jenuh dan bingung mau ngapain malah mikir wah jangan-jangan magang di BKN gak ada kerjaan apa-apa. Ternyata eh ternyata penempatan duduk saya yang salah harus nya di ruangan humas dan para teman magang lain nya tetapi ini aye malah duduk diruangan Sekretaris pak kepala Biro Humas BKN nah loh salahkan, jadi disangka pegawai BKN yang baru. Haduh kenape jadi betawi gini ye hahaha gara-gara kebawa pas jadi artis Company Profile BKN ngasi testimoni bahasa Betawi karena aye asli orang betawi bekasi, oke balik ke bahasa Indonesia aja deh.

Tak lupa untuk berterimakasi kepada bapak Herman yang pertama kali sudah menerima saya sebagai mahasiswa magang di BKN lalu saya dipertemukan dengan Bapak Tumpak Hutabarat sebagai Kepala Biro Humas BKN. Selama magang saya ditemani oleh Teh rena , pak nimin yang selalu menghibur saya selagi banyak tugas dari BKN. Terimakasi kepada pak berry, pak agus, pak tomi, pak warsidi, pak kiswanto, pak yulianus, bu astri, bu dini, bu wini dan bu afri yang setiap hari selalu terlihat semangat bekerja dan ramah tamah kepada saya.

Satu hari dua hari dan tiga hari di BKN belum dapat kerjaan yang benar-benar pekerjaan humas tetapi baru dapat pekerjaan bantuin teh rena sebagai sekretaris di Biro Humas BKN. Tak lama kemudian bertemu lah dengan Pak Subali nah ini dia mentor saya di BKN yang kece badai, gaul namun tetap tegas dalam memberikan tugas kepada saya, pak subali gak akan saya lupakan walaupun sudah selesai dari magang BKN karena banyak materi dan praktek yang berhubungan dengan tugas Public relations yang ia berikan kepada saya. Hal yang tak terlupakan pada kegiatan saya di BKN yaitu pada saat penyambutan kedatangan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Bapak Yuddy Chrisnandi dengan melihat langsung pak menteri dan meliput kegiatan pak menteri selama kunjungan ke BKN Pusat.

Setelah selesai penyambutan dan liputan lalu saya membuat berita : https://www.bkn.go.id/berita/yuddy-chrisnandi-minta-bkn-buat-skema-moratorium-pns

Inilah salah satu berita saya yang sudah di muat didalam Web BKN, rasa senang dan riang pun tiba karena tulisan saya dapat dimuat dalam web BKN yang bisa dilihat oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Berita yang sudah diposting di web maka itu sebelum nya dikoreksi terlebih dahulu oleh mentor saya pak subali yang kece badai itu karena masih banyak kata-kata saya yang harus diperbaiki, dalam pembuatan berita tidak perlu banyak-banyak cukup ada unsur 5W+1H itu sudah bagus dan mudah dimengerti oleh pembaca. Awal pas saat disuruh liputan pembuatan berita saya sempat bingung, ko Public relations disuruh ngerjain pekerjaan seperti jurnalistik, oh ternyata pada kenyataan nya bahwa menjadi Public relations itu harus multitalenta dan multi fungsi sehingga pada saat ada suatu kasus diperusaan yang kita pegang kita dapat mengetahui seluk beluk persoalan yang sedang gencar dibicarakan dan cepat tanggap dalam menyelesaikan.

Ternyata bukan membuat berita saja tetapi di Humas BKN ini banyak sekali pekerjaan nya yaitu saya diperintahkan untuk membuat notulen pada saat ada pertemuan dengan perwakilan DPRD dari beberapa kabupaten yang padahal saya belum pernah sama sekali bikin notulen tapi jadi dapat pengalaman dan selanjutnya membuat kliping dari Koran yang pemberitaan nya ada hubungan dengan BKN maupun tentang PNS. Pada saat saya magang, BKN sedang membuat Company Profile yang isi nya tentang testimoni CAT BKN nah salah satu yang menjadi peran company profile yaitu saya sendiri, diperintahkan untuk memberikan testimoni tentang CAT BKN dengan bahasa betawi karena saya asli betawi bekasi, wah senang sekali wajah saya bisa diakui oleh BKN kalau pantas untuk masuk ke Company profile nya.

 

putri

Penulis : Putri Wiliyani, Mahasiswi Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam 45, Bekasi.