12
Nov

Menyelami Ilmu Baru di BKN

               Setiap lembaga pendidikan jenjang atas baik perguruan tinggi negeri maupun swasta memiliki salah satu program mata kuliah yang diperuntukan bagi mahasiswa/i tingkat akhir yaitu melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Praktik Kerja Lapangan merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh dengan tujuan untuk mengimplementasikan teori-teori yang diperoleh selama kegiatan perkuliahan ke dalam praktik kerja yang sesungguhnya. Banyak manfaat yang akan diperoleh mahasiswa/i dalam melaksanakan PKL sebagai bekal untuk terjun ke dunia kerja setelah lulus dari pendidikan perguruan tinggi yang ditempuhnya.

               Dalam kegiatan PKL, mahasiswa dituntut untuk mampu beradaptasi layaknya terjun ke dunia kerja yang nyata dengan pembekalan teori-teori dari perkuliahannya. Dan dengan adanya program PKL ini maka diharapkan dapat menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, berkompeten serta siap terjun ke dunia kerja untuk menghadapi berbagai persaingan ketat dalam dunia kerja pada era globalisasi ini. Praktik Kerja Lapangan dapat dilaksanakan baik di organisasi/perusahaan swasta maupun di instansi pemerintah sesuai dengan jurusan perkuliahan yang ditempuh oleh mahasiswa.

            Berkaitan dengan hal tersebut, saya memilih untuk melaksanakan Praktik Kerja Lapangan di Instansi Pemerintah Badan Kepegawaian Negara (BKN). Sesuai dengan jurusan perkuliahan yang saya tempuh yaitu Public Relations maka saya ditempatkan di bagian Hubungan Masyarakat (Humas). Selama kegiatan PKL, saya bekerja di Subbagian Hubungan Media dan Pengaduan Masyarakat dengan dimentori oleh Bapak Fuad selaku humas di bagian tersebut.

            Hasil dari Praktik Kerja Lapangan yang telah saya laksanakan yaitu memperoleh pengetahuan baru terkait dengan bidang kepegawaian Aparatur Sipil Negara, selain itu saya bertemu dengan keluarga baru yang selalu memotivasi serta memperoleh ilmu baru yaitu salah satunya dalam hal membuat notulensi audiensi kunjungan DPRD serta kunjungan salah satu perguruan tinggi Universitas Diponegoro yang merupakan hal baru bagi saya. Hasil dari pembuatan notulensi tersebut selanjutnya akan dibuat press release yang akan dimuat melalui website BKN, hal tersebut membuat kebanggaan tersendiri karena nama pembuat berita termasuk saya akan tercatat sebagai pembuat beritanya. Harapan dari adanya program PKL ini semoga dapat memberikan manfaat satu sama lain baik manfaat secara praktis bagi mahasiswa serta manfaat dalam peningkatan kinerja dan pelayanan publik bagi instansi pemerintah yang bersangkutan yaitu BKN. “Do good and good will come to you”.

tina