03
Jul

Nikmatnya Magang di BKN

Bagi mahasiswa tingkat akhir, pasti sangat akrab dengan kata magang. Magang memang merupakan salah satu syarat wajib untuk mendapatkan gelar sarjana. Tuntutan dunia kerja yang semakin tinggi mengakibatkan proses magang menjadi sangat penting untuk ke depannya. Masalah magang telah diatur dalam Undang-Undang No. 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan khususnya pasal 21 – 30 dan lebih spesifiknya diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi no. Per.22/Men/IX/2009 tentang Penyelenggaraan Pemagangan di Dalam Negeri. Dalam Peraturan Menteri tersebut, Pemagangan diartikan sebagai bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan di lembaga pelatihan dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja yang lebih berpengalaman dalam proses produksi barang dan/atau jasa di perusahaan, dalam rangka menguasai keterampilan atau keahlian tertentu.

Magang yang dilakukan dapat membantu mahasiswa agar lebih memahami bidang studi yang ditekuni dan mendapat gambaran pengimplementasian ilmunya dalam kehidupan sehari-hari. Mahasiswa akan belajar mengatasi kesenjangan antara teori komunikasi yang sudah didapatkan di bangku kuliah dengan permasalahan di lapangan, yang memerlukan teknologi informasi untuk mendapatkan jaklan keluarnya.

Tujuan magang ini untuk membuka wawasan pemahaman kepada mahasiswa tentang teori keilmuan yang dipelajari, memberikan wawasan pengetahuan kepada mahasiswa tentang realitas dunia praktek sebagai pelengkap pengetahuan keilmuan, membentuk kemampuan berfikir keilmuan dan daya respon mahasiswa terhadap berbagai masalah yang munculk dalam masyarakat.

Saya sungguh menikmati magang di BKN dan mendapatkan sensasinya. Berawal dari kesespakatan yang diputuskan bersama dengan kedua teman saya di Universitas Nasional, maka saya memilih BKN sebagai tempat magang untuk memenuhi syarat mata kuliah Praktek Kerja Lapangan. Pada tanggal 2 september tahun 2013 adalah awal saya magang disana. Banyak pelajaran yang dapat saya ambil di BKN. Hal yang sangat mengasyikan bisa mengetahui bagaimana kegiatan Humas di BKN dan dapat berkecimpung di dalamnya.

Canda dan tawa yang selalu ada dan menyelimuti adalah salah satu bagian yang tak dapat terpisahkan saat magang. Pegawai yang ramah dan mengayomi kami sebagai mahasiswa magang adalah hal terbaik yang saya rasakan. Kenyamanan yang diberikan menjadikan saya merasa kita semua sebagai teman antara mahasiswa dan pegawai humas BKN. Itulah hal yang tak pernah terlupa dan menjadi kenangan indah dari magang yang saya lakukan.

Sebagai mahasiswa komunikasi, kita harus bisa berbaur disegala situasi maupun kondisi. Lama kelamaan saya merasa seperti keluarga dengan para pegawai BKN khususnya pegawai Humas karena disini saya selaku mahasiswa pun tidak merasakan kejenjangan sosial antara pegawai dan mahasiswa. Kami semua para mahasiswa magang sangat diterima baik dan terus menerus diajarkan menjadi pegawai yang sesungguhnya.

Jika ingin tahu bagaimana keseruannya, mari ikut menjadi bagian dari humas BKN!

 

Penulis: Oka Nursyahid, Mahasiswa Universitas Nasional, Jakarta.

Penulis: Oka Nursyahid, Mahasiswa Universitas Nasional, Jakarta.