18
Agst

Pengalaman Magang di BKN Tak Ada Duanya

Dunia kerja merupakan dunia yang sudah pasti akan kita hadapi setelah lepas dari bangku perkuliahan, dan oleh karena itu dengan saya magang di Humas BKN ini seakan menjadi pintu pembuka. Magang merupakan salah satu cara yang sering digunakan mahasiswa untuk memperkenalkan diri kepada dunia kerja dan juga mencari pengalaman dalam dunia kerja yang sebenarnya.

Berawal dari keingintahuan saya terhadap pekerjaan Humas di instansi pemerintah, oleh sebab itu saya mencoba untuk mendaftar magang pada suatu instansi pemerintahan yaitu di BKN. Sebelum saya diperbolehkan untuk magang, saya menyerahkan syarat – syarat yang diajukan untuk menjadi mahasiswa magang disana. 10 Juli 2014, hari itu menjadi hari pertama saya magang di Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN). Ada banyak hal yang saya pelajari dan dapatkan selama magang di Biro Humas BKN. Saya berkesempatan untuk menghadiri beberapa rapat internal maupun eksternal BKN yang selanjutnya membuat sebuah berita tentang acara tersebut untuk dimuat di website Badan Kepegawaian Negara. Itu menjadi pengalaman yang sangat berkesan. Walaupun dari proses membuat berita tersebut saya mengalami beberapa kesulitan tetapi semua yang awalnya terbayang sulit namun dengan bimbingan dan arahan dari para staf BKN terutama Bapak Subali yang sabar membimbing saya menjadi mudah. Disini juga saya mengetahui dan memperoleh pengetahuan bagaimana membuat sebuah buletin dari awal hingga akhir ke pendistribusian untuk dikirimkan ke BKD seluruh Indonesia.

Bukan hanya berbagai macam pekerjaan dan acara yang membuat magang selama satu bulan di BKN ini serasa tak ada duanya, tetapi juga keramahan para staf yang selalu bersedia memberikan bimbingan dan arahan kepada saya sebagai mahasiswa magang, serta gurauan-gurauan kecil membuat suasana menjadi kekeluargaan dan keakraban yang terjalin bersama teman-teman magang dari berbagai Universitas yang berbeda. Bekal pengetahuan dan pengalaman selama magang ini saya yakin akan sangat bermanfaat bagi saya di kemudian hari. Terima kasih Humas BKN. Terima kasih telah di berikan kepercayaan untuk berkontribusi selama saya magang di Badan Kepegawaian Negara.

Penulis : Ainul Amreni, Mahasiswi Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Persada Indonesia Y.A.I., Jakarta.

Penulis : Ainul Amreni, Mahasiswi Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Persada Indonesia Y.A.I., Jakarta.