18
Agst

Pengalaman Magang sebagai Public Relations Officer Government di BKN

Saya seorang mahasiswi jurusan Public Relations di Universitas Persada Indonesia Y.A.I. Selama satu bulan ini saya magang di Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagai Public Relations Officer. Dari hari pertama magang di Humas BKN saya sudah banyak mendapat pengarahan dan ilmu dari Pembimbing. Bayangkan saja, pada hari pertama magang saya sudah mendapatkan tugas untuk meliput Rapat Koordinasi yang dihadiri para petinggi BKN setelah itu saya diharuskan untuk membuat berita.

“Sebuah berita itu harus selalu mengandung unsur 5W+1H, berita kamu itu belum mengandung unsur tersebut. Coba perbaiki lagi”, ujar Subali Pembimbing Magang di Humas BKN. Pertama kali ketika saya diharuskan membuat berita, tulisan saya sempat dikoreksi sebanyak dua kali oleh pembimbing. Namun itu tidak menyurutkan semangat saya untuk tetap belajar menulis berita yang baik dan benar. Ketika berita pertama saya telah selesai dibuat dan dikoreksi oleh pembimbing yang kemudian ditayangkan di website BKN (www.bkn.go.id) rasanya benar – benar senang bukan kepalang.

Pekerjaan yang saya lakukan ketika magang di Humas BKN yaitu Meliput Rapat Koordinasi, meliput Audiensi DPRD, meliput RAT, menyiapkan bahan Rapat Internal, menyiapkan Buletin Internal BKN untuk di distribusikan baik ke BKN Pusat ataupun Kanreg dan BKD dan tidak lupa memberikan informasi via telepon berkaitan dengan BKN. Bertepatan dengan persiapan pembukaan Tes Seleksi CPNS, BKN disibukkan dengan banyaknya publik internal yang mempertanyakan hal tersebut. Mengingat sekarang Menpan bekerjasama dengan BKN dalam melaksanaan Tes Seleksi CPNS yang menggunakan sistem CAT, Humas BKN menjadi lebih sibuk dari biasanya karena ada banyak pihak yang bertanya – tanya seputar sistem tersebut.

Akhir kata tersanjung rasanya saya sebagai mahasiswi Public Relations bisa magang di Humas Pemerintahan BKN, karena banyak sekali ilmu yang bisa saya petik dan saya bisa lebih mempelajari kedisiplinan dengan rasa kekeluargaan.

ANTANIA MAGANG

Penulis : Antania Hanjani, Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Persada Indonesia Y.A.I., Jakarta.