02
Nov

Thank You Humas BKN

Saya seorang mahasiswi universitas nasional jurusan komunikasi konsentrasi Public Relation, waktunya Magang telah tiba untuk seorang mahasiswi tingkat akhir. Isu yang beredar di kalangan mahasiswa adalah jangan PKL di lembaga pemerintahan   karena gak ada kerjanya, nahloh! Tapi karena keterbatasan waktu dan harus mengejar waktu magang sebelum mulai kuliah yakni pada bulan Agustus, akhirnya saya memilih BKN sebagai pilihan utama bukan pilihan cadangan, dan Alhamdulillah bisa langsung di approve oleh mba Dini.

Hari pertama magang super tegang. Nggak ada kerjanya, cuma duduk-duduk gak jelas mau ngapain. Langsung terpintas dalam pikiran jangan-jangan mitos itu bener “magang di lembaga pemerintahan itu gak ada kerjanya”. Huufhhtt mau buat laporan apa nanti di proposal PKL. Tapi ternyata mitos itu gak berlaku bagi lembaga pemerintah seperti BKN, karena Humasnya superduper sibuk. Anak magang diikutsertakan dalam setiap kegiatan seperti, mengambil foto, mengikuti rapat, membuat notulensi, menyebarkan informasi melalui telepon, menyebarkan surat edaran. Dan yang paling menyenangkan adalah meliput dan membuat berita, berasa jadi reporter beneran. Apalagi berita yang kita buat akan ditampilkan di website BKN www.bkn.go.id. Wah itu rasanya seneng banget ada tulisan kita yang bisa di baca oleh publik.

Banyak hal yang saya pelajari yang tidak akan saya dapatkan di bangku kuliah setelah magang di Humas BKN. Bagaimana kita dapat bergaul dengan lingkungan kerja serta orang-orang yang begitu profesional dalam bidangnya, dan bagaimana kita dapat menerapkan teori ke dalam praktek. Contohnya dalam teori manajemen krisis, Humas BKN selalu sigap dalam menyelesaikan segala macam pengaduan baik melalui telepon, langsung, maupun media sosial. Sehingga persoalan tersebut tidak menjadi snowballing effect bagi lembaganya.

Pelajaran yang paling berkesan bagi saya adalah saya tahu bahwa A public relations practitioner is someone who is multitalented. Seorang praktisi Humas selain menjadi corong informasi bagi lembaganya ia juga dapat melakukan apapun. Sewaktu-waktu seorang Humas dapat menjadi reporter, konsultan, bahkan tukang pos sekalipun. Tapi itulah hebatnya seorang Humas yang dicontohkan oleh para staff Humas BKN. Thank you Humas BKN, I am not one of choosing BKN as the apprentice. This is my story in PR BKN, What your story?

Penulis: Mayang, Mahasiswi Universitas Nasional, Jakarta

Penulis: Mayang Sari, Mahasiswi Universitas Nasional, Jakarta