09
Jan

Amanah Bahagia dari Unit PPSR – ASN BKN

Shallom!

Nama Saya Frita Aprilia Hapsari, mahasiswa magang BKN dari Universitas Diponegoro, Semarang. Saya menjalani tugas kuliah magang selama satu bulan dari 14 November 2016 sampai 14 Desember 2016 yang ditempatkan ke unit PPSR-ASN BKN. Selama magang, saya merasa nyaman dan beruntung mendapatkan amanah bahagia karena saya ditempatkan ke unit PPSR-ASN. Pertama, hal bahagia saya adalah mayoritas pegawai PPSR-ASN tidak pendiam, kompak dan supel. Sesuai dengan diri saya yang tidak pendiam dan usil, malah terkesan banyak bicara hehe, dan Alhamdulillah ada beberapa senior yang beralmamater yang sama dengan saya, sehingga membuat saya mudah untuk beradaptasi denganlingkungan di unit ini. Kedua, yang tidak kalah membuat saya bahagia adalah tidak ada waktu seharipun di unit ini tanpa makanan di atas meja yang tidak berpenghuni, sesuai dengan saya yang suka makan (bias dilihat dari ukuran badan hehe). Ketiga, unit ini membantu saya mendapatkan informasi-informasi yang bias saya aplikasikan di diri saya dalam rangka mempersiapkan kehidupan mendatang dengan mengabdi sebagai aparatur sipil negara. Keempat, pegawai ASN di unit ini sungguhlah memiliki pengalaman yang banyak dan menarik, sehingga bias menjadi bahan pembelajaran dan membuat saya tidak bosan berada di unit ini (ini bukan kalimat hiperbola hehe).

Nah, ini hal terakhir yang membuat saya sungguhlah bahagia mendapatkan amanah magang di unit PPSR-ASN. Saya berkesempatan untuk menjadi perwakilan unit untuk bertugas dalam Korpri Expo 2016 di Lapangan Banteng, Jakarta selama dua hari. Sungguh menyenangkan bias turut serta dalam tugas lapangan kali ini. Pengalaman ini tidak saya ambil dengan percuma, karena Expo ini diikuti oleh beberapa kementrian, instansi-instansi pemerintah, dan beberapa BUMN dari berbagai daerah, sehingga ketika ada kesempatan untuk dapat berkunjung ke stand lain, saya berkunjung dan bias mengajukan beberapa pertanyaan baik lowongan pekerjaan maupun fungsi dari lembaga itu sendiri, mengingat tahun depan saya harus bersaing dengan banyak orang untuk mendapatkan pekerjaan. Meskipun jarak dari kantor BKN sampai lokasi Expo cukup jauh, hingga bias menempuh jarak satu jam setiap berangkat dan pulang, saya rasa tidaklah sebanding dengan pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan selama saya bertugas di Korpri Expo kali ini.

Saya merasa, mendapatkan kesempatan untuk dapat magang dan bekerjasama dengan lembaga pemerintah yang tingkatannya adalah lembaga pusat, memberikan kesan tersendiri bagi hidup saya, karena tidak semua mahasiswa berkesempatan untuk magang di lembaga pemerintah pusat. Terima kasih BKN dan khususnya terima kasih untuk seluruh ASN di unit PPSR-ASN yang telah memberikan kebahagiaan dan pengalaman menarik selama satu bulan ini.

undip

Penulis: Frita Aprilia Hapsari, Mahasiswa Universitas Diponegoro, Semarang.