29
Apr

I am Proud To Be a Part of Humas BKN

Menjadi salah satu bagian dari Lembaga Pemerintah Non Kementerian seperti Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang memiliki fungsi mengkaji dan menerapkan secara teknis kebijakan tentang kepegawaian serta memiliki kedudukan dibawah dan bertanggung jawab langsung kepada presiden tidaklah terpikirkan oleh saya sebelumnya. Walaupun saya hanya menjadi mahasiswa magang disana, tetapi dari sanalah saya mendapatkan banyak pengalaman baru yang tidak akan pernah saya lupakan.

Rabu 29 Maret 2014 merupakan hari pertama saya melakukan kegiatan magang sebagai Humas di BKN, setelah sebelumnya saya menyerahkan syarat – sayarat yang diajukan untuk menjadi mahasiswa magang disana. Pada hari pertama, saya diberikan pengarahan oleh salah satu staf Humas disana tentang kegiatan apa saja yang akan saya lakukan selama saya magang, dan menurut saya kegiatan– kegiatan yang nantinya akan saya lakukan disana cukup menarik dan menantang karena saya belum pernah melakukan kegiatan – kegiatan tersebut sebelumnya.

Hal yang mengejutkan terjadi, pada hari pertama magang saya langsung diberikan tugas untuk meliput salah satu bentuk kegiatan cooperate social responsibillity (CSR) yang dilakukan oleh koperasi pegawai BKN dengan menyerahkan bantuan kepada para korban banjir. Semua perasaaan saya bercampur menjadi satu saat itu, karena ini merupakan kali pertama saya melakukan hal tersebut. Pada saat meliput kegiatan tersebut saya harus benar – benar memperhatikan setiap bentuk kegiatan yang dilakukan, karena nantinya hasil dari liputan saya akan dijadikan berita yang kemudian di unggah ke website BKN dan dapat dilihat oleh jutaan masyarakat Indonesia. Tentunya pada saat melakukan liputan tersebut saya tidak sendiri, tetapi saya didampingi oleh salah seorang staf Humas BKN dan siap membantu saya yang sedang dalam proses belajar ini.

Banyak hal – hal baru lainnya yang saya lakukan selain meliput sebuah kegiatan dan membuat berita sebagai hasil akhirnya. Hal – hal tersebut dari mulai yang terkecil yaitu menjadi notulen, menyiapkan rapat untuk anggota DPRD yang berkunjung, membantu menyebarkan press release kepada media – media yang bekerja sama dengan BKN, hingga membuat bahan tulisan untuk isi Buletin dari BKN.

Saya ingin sedikit meceritakan tentang sebuah hal yang mengejutkan saya kembali dan menurut saya ini cukup membanggakan untuk saya. Saya terpilih menjadi mahasiswa magang pertama yang berkesempatan untuk mencoba metode baru yang dimiliki oleh BKN yaitu Computer Assisted Test (CAT). Sebuah metode penerimaan CPNS yang berbasis komputer, dan BKN adalah satu – satunya instansi pemerintah yang memiliki metode seperti ini. Tidak mudah untuk sembarang orang mencoba metode ini, hanya orang – orang yang memiliki kepentingan saja yang boleh menggunakannya, bahkan gedung tempat dimana CAT berada dijaga ketat dan tidak sembarang orang boleh memasukinya. Saya cukup bangga karena saya sudah mencoba secara langsung metode terbaru dari BKN tersebut.

Senang rasanya menjadi salah satu bagian dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), karena disinilah saya banyak mendapatkan hal – hal baru yang belum pernah saya dapatkan sebelumnya, dan tentunya disini juga saya mendapatkan keluarga baru yaitu Humas BKN. Keramahan serta kepercayaan dari para staf Humas BKN memberikan banyak kemudahan untuk mahasiswa magang seperti saya yang masih ingin banyak belajar. In the end of my words, i just want to say I PROUD TO BE A PART OF THEM, I LOVE HUMAS BKN.

Penulis : Yopi Chairul, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Nasional.

Penulis : Yopi Chairul, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Nasional.