14
Jan

Magang kreatif di Humas BKN

Hallo! Assalamualaikum, Perkenalkan saya As syafa atau lebih sering dipanggil Syafa, saya mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta prodi Desain Grafis. Saya PKL bersama dua teman saya yang lain yaitu Kurniawati dan Bella, Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan salah satu tugas kuliah yang wajib dilakukan bagi mahasiswa semester akhir khususnya di kampus saya. Saya memutuskan untuk PKL di instansi pemerintah yaitu Badan Kepegawaian Negara dan saya ditempatkan di Humas BKN di bagian Publikasi dan Dokumentasi. Alhamdulilah saya dan teman saya memiliki seorang pembimbing yang amat baik dan mengayomi yaitu Bapak Lugi Juwono. Saya ingin menceritakan pengalaman terbaik saya selama Praktek Kerja Lapangan di Humas BKN khususnya di bagian Publikasi dan Dokumentasi nih.

      Sebelumnya pasti ada yang bertanya mengapa jurusan desain masuk ke Humas dan emang dapet ilmu apa aja sih belajar di sana ? Kenapa mau magang di humas ?.

Yang pertama sih karena dari awal ingin magang di instansi pemerintah karena saya rasa di sini banyak ilmu yang gak cuma ilmu jurusan saya aja tapi juga banyak ilmu lainya dan itu sangat kepakai banget di dunia kerja. Yang kedua ilmu apa aja sih yang didapet yang pastinya ilmu desain mulai dari pembuatan infografis CPNS, desain social media, header website, desain buletin, desain buku, stop motion, dll. yang pastinya bikin saya makin produktif dan lebih kreatif lagi. tidak hanya itu di Humas BKN juga saya banyak belajar tentang bagaimana caranya mewawancarai audience, foto kegiatan, mendapat informasi untuk bahan berita dan sampai finalisasi pembuat berita.

        Next pertanyaan terakhir kalau ditanya kenapa mau magang di humas ya karena menurutku di sini tempat paling oke untuk mengasah kreatifitas dan bersosialisasi, di sini saya banyak merasakan kebersamaan, kepedulian sesama antara satu dan yang lain, selain itu di sini saya juga memiliki teman-teman baru yaitu ada Intan dari IBN, Bella dari ISIP, Niken larasati dari Universitas UPI YAI Salemba, Calista dwi dari Universitas UPI YAI Salemba. So far, mereka semua baik dan asik banget untuk diajak ngobrol, atau bercanda yang jelas bikin 2 bulan magang saya jadi berwarna. Tidak hanya anak magangnya aja yang baik-baik. Para pegawai di Humas juga gak kalah baiknya dan yang pasti mengayomi saya selama magang di sini. Tidak terasa 2 bulan magang cepet berlalu, dan hari terakhir magang rasanya berat juga berpamitan dengan warga Humas BKN. Semoga saya dapat berkunjung kembali