26
Agst

Mendapat Ilmu Dengan Cara yang Tidak Membosankan

Praktek Kerja Lapangan (PKL) atau magang adalah kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar dalam arti sebenarnya karena teori dan praktek akan berjalan secara seimbang. Saya IsidoraTrivina Ariesta (tata) adalah mahasiswi ilmu komunikasi peminatan Public Relations Universitas Brawijaya Malang. Sebagai salah satu syarat perkuliahan, saya diharuskan magang sebelum mengambil studi skripsi, dan saya tertarik untuk melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Humas Badan Kepegawaian Negara selama 1,5 bulan.

Di hari pertama saya merasa gugup, namun setelah bertemu dengan staf humas yang ramah dan welcome saya menjadi lega dan senang. Saya diberi pengarahan tentang humas dan pembagian kerjanya. Humas BKN dibagi menjadi tiga bagian yaitu protokol, hubungan media, serta publikasi. Protokol bertugas sebagai pelaksana keprotokoleran, hubungan media berperan di bidang peliputan dan hubungan pers dengan media. Sedangkan bagian publikasi bertugas sebagai pengolah informasi, publikasi, dan dokumentasi kegiatan BKN.

Di bagian protokol, tugas rutin saya adalah konfirmasi kegiatan pejabat eselon 1 dan 2 serta menginformasikannya ke beberapa unit kerja. Saya juga sempat diberi tugas untuk membuat sambutan dan membuat kuesioner tentang layanan keprotokolan. Sedangkan dari bagian humas lain saya mendapat tugas seperti membuat notulen, membuat berita, media monitoring, hingga meliput kegiatan BKN (saat itu saya mendapat kesempatan luar biasa yakni meliput kedatangan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yaitu Bapak Asman Abnur yang membuat saya belajar ilmu fotografi).

Menulis berita yang layak unggah di website adalah salah satu pengalaman pertama yang menantang bagi saya ketika PKL. Saat itu saya ditugaskan untuk mengikuti “Workshop Penyusunan Laporan Keuangan Semester 1 tahun 2016” bersama Talita (teman PKL dari Unpad) dan didampingi oleh staf bagian hubungan media Kak Desi. Kami meliput acara tersebut sebagai bahan untuk membuat berita. Saat itu saya merasa ragu dapat membuat berita yang layak unggah. Namun dengan bimbingan Kak Desi, saya dan Talita mampu membuat berita yang baik hingga mendapat ACC dari kassubag hubungan media untuk diposting di web BKN.

Pengalaman dan ilmu tersebut saya dapatkan dengan cara yang tidak membosankan. Ketika saya memilih Jakarta khususnya Badan Kepegawaian Negara sebagai tempat magang, saya berharap ilmu yang saya dapat sesuai dengan ekspektasi. Setelah menjalani hari-hari magang tidak hanya ilmu dan pengalaman yang saya dapatkan namun rasa kekeluargaan dapat saya rasakan (staf Biro Humas yang humble, tidak pelit ilmu, memberi wejangan, dan selalu mengayomi) serta mendapat sahabat-sahabat baru (teman-teman PKL dari Universitas lain) yang membuat saya enjoy menjalani magang selama 1,5 bulan di BKN.

Terimakasih BKN. Terimakasih Staff Biro Humas atas kesempatan, ilmu, dan pengalaman menariknya.

CYMERA_20160815_183446

IsidoraTrivina Ariesta (tata), mahasiswi ilmu komunikasi peminatan Public Relations Universitas Brawijaya Malang.