31
Agst

Pengalaman Magang yang Tak Terhingga

Nama saya Vikky Fitriolla dari Universitas Negeri Jakarta Jurusan Humas Fakultas Ilmu Sosial. Saya sangat senang sekaligus bangga diberikan kesempatan untuk magang di Badan Kepegawaian Negara (BKN). Tentunya itu berarti saya diberikan kesempatan untuk terjun langsung ke dunia kerja yang sebelumnya belum pernah saya rasakan.  Awalnya saya ditempatkan di bidang Pensiun. Sejujurnya saya bingung awalnya nanti tugas yang saya lakukan disana apa dan bagaimana.

Pada tanggal 11 Juli itu lah awal mula saya magang. Saya menuju Gedung II Lt 10. Sejujurnya awal yang saya rasakan grogi, dan ada rasa cemas. Ternyata……pas saya masuk dan berinteraksi dengan pegawai lainnya yang ada dibidang pensiun, saya sangat disambut baik dengan mereka. Dengan ramahnya menyambut saya dan Nova. Kami berkenalan dengan semua pegawai yang ada didalamnya.

Hari demi hari yang saya lalui disana, akhirnya rasa gugup saya ilang seketika. Rasa nyaman yang saya rasakan saat berada disana. Saya diajarkan, dibimbing begitu baiknya sampai saya mengerti dan paham akan tugas yang mereka lakukan sehari-harinya. Awalnya saya merasa takut untuk mencoba pekerjaan yang mereka berikan untuk saya, sampai pada saatnya saya berpikir bahwa mereka telah memberikan kepercayaan sepenuhnya terhadap saya yang itu berarti tidak boleh saya remehkan dan abaikan. Setiap harinya saya jadi lebih  tahu tentang lingkungan disana. Rasanya tidak ada penyesalan sama sekali untuk saya berada disana, karena saya dipertemukan dengan Bapak dan Ibu yang super baik dan super ramah.

Dan setiap harinya kita selalu diajak berbincang-bincang mengenai apapun dan saya selalu antusias mendengarkan karena ilmu dan wawasan yang mereka ceritakan sangat berarti untuk  saya.

Keadaan dan situasi yang seperti itulah yang gak akan pernah saya lupa sampai kapan pun nantinya di perjalanan karir saya, Pak…Buu….

Selanjutnya, saya di rolling ke bagian Humas. Sama seperti dibidang pensiun, saya disambut baik dengan mereka. Orang-orang yang sangat humble, apa adanya yang saya suka dan tentunya super asik. Di  biro Humas saya begitu banyak belajar tentang bagaimana kita berhubungan dengan atasan dan pegawai lainnya, dan bagaimana kita menempatkan diri disaat kita terjun langsung kelapangan.

Processed with VSCO

Tugas sehari-hari yang saya lakukan salah satunya adalah liputan berita, menjadi notulen, menelepon ke berbagai internal di BKN sampai menelepon ke eksternal BKN dan yang terakhir mengantarkan surat-surat ke segala penjuru lingkungan di BKN, yang akhirnya saya jadi mengetahui dan mengenal sudut-sudut ruangan di BKN. Di biro Humas saya melihat Bapak, Ibu dan Kakak-kakak lainnya yang begitu sibuk setiap harinya, yang selalu aktif dan kreatif di mata saya dalam menjalankan tugas mereka masing-masing. Saya juga belajar banyak dengan mereka tentang bagaimana menempatkan diri yang baik nantinya disaat kita menjadi humas harus punya sikap yang baik, perilaku dan sifat yang ramah tamah kepada setiap orang.