28
Sep

Sampai Bertemu Kembali

Halo!

Namaku Sifa, atau kamu juga bisa panggil dengan nama rahasiaku, Verona, itupun kalau kamu mau. Saat ini aku tengah menempuh pendidikan sebagai mahasiswa Public Relations di Universitas Negeri Jakarta. Salah satu  syarat kelulusanku adalah aku harus magang atau bisa disebut dengan praktek kerja lapangan. Untuk itu aku mau ceritain pengalamanku PKL di salah satu badan pemerintahan, tepatnya di Badan Kepegawaian Negara.

Menurutku, tujuan praktek kerja lapangan adalah untuk merasakan “dunia kerja”, apa yang aku pelajari di kampus untuk kemudian diimplementasikan di tempat kerja melalui PKL ini, sekaligus belajar hal baru dari apa yang aku terima selama PKL. Sebagai mahasiswa Public Relations, tentu aku berfokus pada unit yang berkaitan dengan jurusanku, yaitu Biro Hubungan Masyarakat. Aku masuk pada tanggal 23 Juli sampai 23 September 2018. Yup, 23 memang angka keberuntunganku.

Sifa aka Verona

Banyak hal yang aku dapat dari kegiatan ini dan tentunya menjadi pelajaran baru yang aku terima, seperti bagaimana menulis berita dengan baik, membuat judul berita yang menarik, menyusun dan mengolah bahan laporan media sosial, membuat notulensi dari rapat yang juga aku hadiri, mengikuti sesi wawancara dengan media eksternal, belajar editing foto untuk kemudian dipublikasikan di media sosial BKN khususnya di Facebook, dan tentunya menulis ini. Hehe.

Selama aku di BKN, aku dibimbing serta diarahkan dengan para pegawai yang menyenangkan. Apabila ada yang kurang, mereka mengoreksi pekerjaanku dengan kata-kata yang lembut, sehingga aku gak merasa tertekan selama magang di sana. Selain itu, aku juga berteman dengan beberapa mahasiswa PKL dari universitas yang berbeda. Selain belajar hal baru, aku juga jadi punya teman baru! And it was fun!

Nyatanya hari di mana aku terakhir PKL adalah hari yang cukup berat. Saat aku harus berpamitan dengan pegawai itu,  dimana selalu membimbing dalam pekerjaan selama magang, kemudian melangkah keluar dengan perasaan sedih, dengan pemikiran, “beginilah akhirnya.” Aku berharap sore itu gak ada satupun orang yang melihatku. :'(

Ah, dasar perempuan lemah. Lagipun, setiap pertemuan pasti ada perpisahan, bukan?

Aku berterima kasih kepada seluruh pegawai yang telah baik kepadaku, membimbingku serta mengarahkanku dalam mengerjakan tugas selama di BKN, yang membuatku merasa jadi bagian kecil dari mereka.

Sampai bertemu kembali. ^^