28
Feb

Terimakasih Badan Kepegawaian Negara

Hampir setiap jurusan disuatu perguruan tinggi memiliki program magang, namun masing-masing perguruan tinggi memiliki istilahnya sendiri-sendiri untuk program magang tersebut, seperti Kerja Praktek (KP) dan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dimana para mahasiswa/i diharuskan untuk mencari instansi ataupun perusahaan baik pemerintah maupun swasta untuk mereka mancari pengalaman dalam dunia kerja yang sebenarnya untuk nantinya dijadikan sebuah tugas dan dibuatkan laporannya yang bisa dipertanggung jawabkan di perguruan tinggi.

Begitu juga dengan saya sebagai mahasiswa tingkat akhir di salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta yaitu Universitas Nasional, saya juga diharuskan melaksanakan Praktek Kerja Lapangan sebagai salah satu syarat kelulusan. Untuk itu saya mencari informasi tentang instansi-instansi baik itu swasta ataupun negeri sebagai tempat melaksanakan PKL tersebut. Akhirnya saya mendapatkan informasi tentang Badan Kepegawaian Negara dari salah seorang teman yang sebelumnya juga melaksanakan PKL disana, dari situ muncul ketertarikan saya untuk dapat PKL BKN.

Rabu, 29 Januari menjadi hari pertama saya melaksanakan kegiatan PKL di Biro Humas BKN, setelah sebelumnya saya menyerahkan syarat – sayarat yang diajukan untuk menjadi mahasiswa magang disana. Pada hari pertama tersebut saya lebih banyak mendapatkan pengarahan tentang apa yang menjadi tugas saya selama berada di Humas BKN. Pada hari kedua saya langsung diberikan tugas menghadiri acara sosialisasi Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan BKN dan selanjutnya membuat berita tentang acara tersebut untuk di unggah di website Badan Kepegawaian Negara. Jujur itu menjadi pengalaman pertama untuk saya membuat berita namun dengan bimbingan dari para staf humas BKN semua yang awalnya terbayangkan sulit didalam benak saya semua menjadi terasa mudah dan menyenangkan.

Tidak hanya membuat berita yang menjadi sebuah pengalaman baru untuk saya, disana saya juga dapat menerapkan ilmu yang saya dapatkan diperkuliahan seperti bagaimana memberikan informasi dengan baik, karena saya juga diberikan tugas untuk memberikan informasi tentang kepegawaian baik secara langsung ataupun melalui telepon yang masuk ke humas BKN. Selain itu saya juga sering ditugaskan untuk menghadiri acara audensi yang diadakan humas BKN dengan para anggota DPRD dari seluruh Indonesia yang ingin memperoleh informasi terkait kepegawain. Dalam audensi ini saya juga ditugaskan menjadi notulen serta membuat berita terkait isi pertemuan tersebut.

Selama menjalankan Praktek Kerja Lapangan di Badan Kepegawaian Negara salah satu pengalaman yang paling berharga sekaligus membanggakan untuk saya adalah kesempatan untuk melakukan simulasi Computer Assisted Test (CAT). CAT sendiri adalah metode penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan bantuan komputer, yang lebih membanggakan saya dan teman saya yang sama – sama dari Universitas Nasional menjadi mahasiswa pertama yang melaksanakan PKL di BKN yang diberikan kesempatan untuk merasakan simulasi tersebut.

Mungkin jika saya PKL di Instansi lain, saya tidak akan pernah mendapat kesempatan untuk bisa mencoba metode penerimaan CPNS pertama di Indonesia yang berbasis komputer ini. Saya  merasa bersyukur kepada Tuhan, karena bisa terlibat langsung dalam kegiatan PKL di BKN. Suka dan duka sudah terlewati selama PKL disini, Semoga dengan apa yang saya dapatkan disini dapat menjadi modal dan tambahan pengalaman untuk saya kedepannya dalam menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya, akhir kata yang dapat saya sampaikan adalah TERIMA KASIH BADAN KEPEGAWAIAN NEGARA.

Penulis : Heru Langgeng Purnomo, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Nasional.

Penulis : Heru Langgeng Purnomo, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Nasional.