skip to Main Content

Kejar Angka 7.4 Kilometer, PNS BKN Ini Rayakan HUT ke-74 BKN

Jakarta – Humas BKN, 30 Mei 2022, Badan Kepegawaian Negara (BKN) genap berusia 74 Tahun. Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-74 ini mengangkat tema “Bangkit, Berkinerja, Bersama”. Dengan semangat tema tersebut, ada yang menarik dari perayaan HUT tahun ini. Farhan Abdi Utama, Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan BKN Pusat, merayakan usia ke-74 BKN dengan berlari sejauh 7.4 kilometer. Tidak hanya itu, Farhan juga berlari dengan pace 7:40 menit/kilometer, dan memulai start pada pukul 07.40 WIB.

Ditemui di ruang kerjanya, Farhan awalnya berencana untuk berlari sejauh 74 kilometer, namun karena terbatasnya waktu serta persiapan ia pun terpaksa mengurungkan niatnya. “Semoga di usia yang ke-74 tahun ini, BKN bisa lebih kencang berlari dan melompat lebih tinggi untuk menggapai kejayaan,” ungkapnya menjelaskan filosofi ia mengejar 7,4 kilometer dalam target larinya kali ini, pada Senin (3/5/2022).

Perayaan HUT ke-74 BKN sendiri diawali dengan upacara yang dilakukan secara virtual menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Wakil Kepala BKN, Supranawa Yusuf dalam sambuatannya menyampaikan bahwa untuk menghadapi tantangan global, BKN dalam usia 74 tahun diharapkan mampu terus mendorong terwujudnya ASN yang kompeten, profesional, mampu bekerja cepat, lincah dan adaptif terhadap perubahan yang diimbangi dengan kemampuan membawa perubahan lebih baik dalam lingkungan sekitar. “Usia 74 tahun bukan waktu yang singkat, semoga dengan usia yang semakin matang, BKN mampu menjalankan amanat Undang-undang dalam mengelola manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) secara optimal,” ucapnya.

Sejarah singkat tentang cikal bakal BKN terjadi tepat 74 tahun yang lalu. Pada 30 Mei 1948, Kantor Urusan Pegawai (KUP) resmi berdiri. Saat itu, KUP didirikan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 1948 dan berkedudukan di ibukota pemerintahan di Yogyakarta. Dalam perkembangan selanjutnya, KUP inilah yang menjadi cikal bakal BKN, sehingga tanggal 30 Mei 1948 ditetapkan sebagai tanggal lahirnya BKN. 

vicky/yuriza/ber

Editor: dep

Back To Top