skip to Main Content

Panselnas Mulai Susun Skema Pelaksanaan Seleksi ASN 2021

Jakarta – Humas BKN, Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suharmen menyebutkan bahwa Panitia Seleksi ASN Nasional (Panselnas) tengah melakukan penyiapan infrastruktur pelaksanaan Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Tahun 2021. “BKN bersama Kementerian PANRB, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tengah mematangkan kesiapan pelaksanaan CASN 2021, khususnya dari aspek infrastruktur dan skema penyelenggaraan seleksi,” terangnya dalam Rapat Persiapan Pelaksanaan Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Tahun 2021 pada Selasa, (02/3/2021) secara daring, yang juga dihadiri Instansi Pemerintah yang bertugas dalam Tim Panselnas, di antaranya Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), dan Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Suharmen menjelaskan bahwa BKN selaku Ketua Pelaksana Panselnas akan berkerjasama dengan beberapa Kementerian/Lembaga untuk memastikan kesiapan pelaksanaan pendaftaran sampai dengan penyelenggaraan seleksi ASN, yang meliputi seleksi calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), dan Sekolah Kedinasan. “Sebelum pada tahap pengumuman, Panselnas akan memastikan jadwal pelaksanaan seleksi ASN ini secara mendetil terlebih dahulu dan setelahnya baru berkoordinasi dengan seluruh Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah yang mengajukan usulan formasi ke Kementerian PANRB. Pelaksanaan seleksi ASN ini akan berlangsung sepanjang tahun 2021, mulai dari seleksi PPPK, CPNS, dan Sekolah Kedinasan, “imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Plt Deputi SDM Kementerian PANRB Teguh Widjinarko menguraikan komposisi rencana kebutuhan ASN 2021 di masing-masing lingkup Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah. Teguh menyebutkan bahwa formasi Guru memegang komposisi terbanyak dalam penetapan kebutuhan ASN 2021 mengingat Pemerintah akan melaksanakan rekrutmen 1 Juta Guru PPPK. “Diikuti formasi Tenaga Kesehatan dengan komposisi terbanyak kedua dan dilanjutkan dengan Jabatan Fungsional Teknis lainnya,” jelasnya. Teguh mengatakan Panselnas akan melakukan koordinasi lanjutan untuk memastikan sejumlah persiapan seleksi ASN 2021, mulai dari aspek pengawasan sampai dengan kematangan pelaksanaan yang masih disesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19. des

Back To Top