07
Jan

Plt Kepala BKN Tekankan Dua Karakter Seorang Abdi Negara pada Pengambilan Sumpah PNS

Jakarta – Humas BKN, Plt Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana secara resmi melantik 170 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) TA. 2019 pada Upacara Pengambilan Sumpah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Badan Kepegawaian Negara (BKN), Jumat (07/01/2022). Dalam arahannya, Plt Kepala BKN menekankan dua karakter penting dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara, yakni karakter kejujuran dan keadilan.

Bima Menjelaskan, untuk mampu melayani masyarakat yang beragam, seringkali kita lebih menekankan pada unsur Tunggal Ika (kesatuan), sementara unsur Bhineka (beraneka/keberagaman) juga sama sakralnya. “Menjadi abdi negara dituntut untuk mampu berperilaku jujur dan adil, berdiri di tengah – tengah dan bersikap netral,” ungkapnya.

lebih lanjut, Bima menegaskan bahwa tepat hari ini dilakukan sumpah menjadi PNS atau Aparatur Sipil Negara (ASN) atau aparatur negara, atau abdi negara, pemilik negara ini adalah masyarakat. Namun tidak hanya masyarakat Indonesia saja yang dilayani, tapi juga masyarakat luar Indonesia yang akan berdampak pada kehidupan masyarakat Indonesia, seperti para investor dari luar negeri, itu juga termasuk bagian yang harus dilayani.

Pada kesempatan yang sama, Bima juga berpesan kepada 170 PNS tersebut, untuk bisa membawa persatuan dan menghargai keberagaman. “Isi hari-hari anda ke depan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, bekerja dengan tulus, penuh keadilan dan motivasi,” tutupnya. nsp