skip to Main Content

Rakor Kehumasan BKN 2024, Plt. Kepala BKN: Satker BKN Agar Terus Tingkatkan Komunikasi Publik

Bandung – Humas BKN, Biro Hubungan Masyarakat, Hukum, dan Kerja Sama (BHHK) Badan Kepegawaian Negara (BKN) bersama Kantor Regional (Kanreg) III BKN Bandung menggelar Rapat Koordinasi Kehumasan Tahun 2024 di Aula Rama Shinta Kantor Regional III BKN pada Jumat (01/03/2024). Acara dibuka oleh Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara Haryomo Dwi Putranto.

Haryomo dalam sambutannya menegaskan bahwa peran humas sebagai garda terdepan penyampaian berita harus mampu mengedukasi masyarakat, khususnya dalam mengomunikasikan tugas, peran dan wewenang BKN, serta harus benar-benar transparan kepada masyarakat. “Untuk mencapai hal ini diperlukan keterampilan komunikasi yang kuat dalam hubungan masyarakat. Satuan Kerja serta humas di BKN diharuskan memahami fungsi dan tugasnya dengan baik. Humas harus bisa menjadi corong untuk pemerintah dalam membangun kepercayaan publik,” ujar Haryomo.

Haryomo melanjutkan, humas harus dapat memberikan informasi yang benar, dapat dipertanggungjawabkan sehingga kepercayaan dari masyarakat dapat tercipta bagi organisasi tersebut. “Dengan memaksimalkan peran humas dengan menerapkan strategi komunikasi yang tepat, program-program BKN dapat lebih cepat tersampaikan dan tercapai terutama saat pelaksanaan seleksi CASN,” tegas Haryomo.

“Dengan pencapaian BKN yang mendapatkan predikat ‘Badan Publik Informatif’ dari Komisi Informasi Pusat selama 2 (dua) tahun berturut-turut (2022 dan 2023), Kami berharap Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi di Unit Kerja BKN yang telah ditunjuk dan ditetapkan dalam Surat Keputusan Kepala BKN Nomor 11.10 tahun 2024 tentang Tim Pengelola Informasi dan Dokumentasi dapat lebih proaktif memberikan sumbangsih terhadap pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik di lingkungan BKN,” pungkas Haryomo.

Sekretaris Utama Badan Kepegawaian Negara, Imas Sukmariah, mengatakan BKN sebagai instansi pengelola manajemen kepegawaian diberikan mandat dalam penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) di tahun 2024 ini. Sejalan dengan hal tersebut, pentingnya penyampaian informasi seputar penerimaan CASN sebagai bentuk pelayanan publik dari BKN kepada masyarakat. Demi memberikan publikasi yang baik kepada masyarakat diperlukan suatu acuan dan pedoman untuk pelaksanaannya.

Plt. Kepala BHHK BKN, Nanang Subandi dalam laporannya menyebutkan bahwa peserta Rakor Kehumasan hari ini tidak hanya terdiri dari pengelola kehumasan dan PIS PPID di lingkungan BKN Pusat dan Pusbangpeg ASN, tetapi juga rekan-rekan pengelola kehumasan dari seluruh Kantor Regional (Kanreg) se-Indonesia. “Kegiatan rakor ini diadakan bertujuan untuk mencapai terwujudnya birokrasi BKN yang efektif, efisien, dan berorientasi pada layanan prima melalui penerapan strategi komuikasi publikasi pelaksanaan seleksi CASN khususnya dengan tetap mengusung asas keterbukaan informasi publik,” pungkas Nanang.

Dalam kegiatan tersebut, Plt. Kepala BKN memberikan penghargaan Pengelola Kehumasan Terbaik kepada satuan kerja BKN yang terus melakukan kolaborasi dalam mengelola kehumasan di BKN. Penghargaan yang diberikan terdiri dari

  1. Si Paling Lapor 2023 Unit Pusat, diberikan kepada Direktorat Pembangunan dan Pengembangan Sistem Informasi ASN
  2. Si Paling Lapor 2023 Satuan Kerja/Regional, diberikan kepada Kanreg X BKN Denpasar
  3. Si Paling Medsos 2023, diberikan kepada Kanreg II BKN Surabaya, Kanreg X BKN Denpasar, dan Kanreg XI Manado
  4. Si Paling Improved Satuan Kerja/Regional, diberikan kepada Pusat Pengembangan Kepegawaian ASN BKN
  5. Si Paling Kolaboratif 2023 Unit Pusat, diberikan kepada Pusat Penilaian Kompetensi BKN

Penulis: app/egg
Foto: HumasKanregBKNBandung/end/dit

Back To Top