skip to Main Content

Layanan Helpdesk Terpusat Untuk Kebutuhan Hybrid Tingkatkan Transformasi Digital BKN

Jakarta – Humas BKN, Di tengah peningkatan kebutuhan kegiatan hybrid, Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui Direktorat Infrastruktur Teknologi Informasi dan Keamanan Informasi (INTI) menggelar Workshop Pemanfaatan Aplikasi Broadcasting. Kegiatan yang diikuti oleh 120 Penanggung Jawab Kegiatan (PIC) dari unit pusat, Kantor Regional, hingga UPT ini menjadi langkah strategis BKN dalam membangun capability, integrity, dan security pada produksi siaran digital yang dikelola secara mandiri oleh setiap unit kerja.

Direktur INTI BKN, Yudhantoro Bayu, menegaskan bahwa transformasi digital di lingkungan BKN kini memasuki fase akselerasi. “Frekuensi kegiatan hybrid, baik luring maupun daring, terus meningkat dan menuntut kesiapan SDM serta infrastruktur yang responsif. Pelatihan ini bertujuan membentuk PIC yang mampu menjadi kontributor teknis andal di unit masing-masing, sekaligus memperkuat kemandirian dan kecepatan layanan,” ujar Yudhantoro, Selasa (09/12/2025) di BKN Pusat, Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, Yudhantoro juga memperkenalkan Layanan Helpdesk Terpusat yang disiapkan untuk mempermudah unit kerja dalam mengajukan kebutuhan fasilitas konferensi dan penyiaran. “Helpdesk terpusat ini adalah komitmen kami untuk memberikan kemudahan akses dan dukungan teknis yang terintegrasi,” tegasnya.

Pada sesi penguatan nilai dan budaya digital, Plt. Deputi Sistem Informasi Kepegawaian dan Digitalisasi (SIDIGI), Jumiati, menekankan bahwa aktivitas broadcasting merupakan fungsi strategis yang membutuhkan integrasi 4 (empat) pilar utama: Skill Teknis, Literasi Digital, Etika Publikasi, dan Keamanan Data. Sementara itu, Yudhantoro menambahkan bahwa penguasaan keempat pilar tersebut akan mendorong setiap unit kerja memproduksi siaran digital dengan standar profesional tanpa mengabaikan etika dan aspek keamanan informasi.

Selama workshop, peserta menerima pembekalan teknis sekaligus praktik langsung penggunaan aplikasi OBS dan VMIX bersama para ahli. Kegiatan ini juga mendapat dukungan penuh dari pimpinan, dibuktikan dengan kehadiran Wakil Kepala BKN, Suharmen, dan Sekretaris Utama BKN, Imas Sukmariah.

Dalam pernyataannya, Imas memberikan apresiasi terhadap langkah Direktorat INTI. “Kami mengapresiasi pelatihan dan layanan helpdesk terpusat yang diinisiasi INTI. Para PIC diharapkan menjadi garda terdepan dalam memastikan setiap kegiatan BKN ditayangkan secara profesional. Jejak digital yang kita hasilkan adalah cermin akuntabilitas dan kemajuan BKN. Workshop ini dan peluncuran helpdesk terpusat menegaskan kesiapan BKN menghadapi era digital dengan SDM unggul dan infrastruktur yang andal,” tutup Imas.

Penulis: niz
Foto: rza
Editor: des

Back To Top