skip to Main Content
Komitmen Menjalankan Prosedur Seleksi Sekecil Apapun, Jadi Faktor Penting Dalam Rekrutmen CASN

Komitmen Menjalankan Prosedur Seleksi Sekecil Apapun, Jadi Faktor Penting Dalam Rekrutmen CASN

Bandung – Humas BKN, Plt Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan prosedur pelaksanaan seleksi calon ASN atau CASN, baik dari aspek sistem teknologi, infrastruktur, SDM, dan proses bisnis perlu diperketat lagi. “Kita kerap mengabaikan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang terkesan sepele, padahal meskipun kecil tetapi jika diabaikan maka itu bisa menjadi celah permasalahan,” terangnya dalam acara Evaluasi Pelaksanaan Seleksi CASN 2021, Kamis (23/12/2021) di Bandung.

Komitmen Menjalankan Prosedur Seleksi Sekecil Apapun, Jadi Faktor Penting Dalam Rekrutmen CASN

Berkaca dari pengalaman pelaksanaan seleksi tahun ini, Bima menyebutkan pada setiap penyelenggaraan seleksi, adanya orang luar atau siapa pun yang mencoba melakukan hal-hal yang menghalangi transparansi sistem seleksi berpotensi muncul. Untuk itu menurutnya, pihak penyelenggara baik BKN dan seluruh Instansi yang terlibat, termasuk petugas seleksi di lapangan memegang peranan penting dalam menjaga transparansi proses seleksi.

Bima menekankan bahwa komitmen menjalankan prosedur seleksi sekecil apapun oleh semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan seleksi menjadi faktor penentu. Pada kesempatan itu, Bima mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan seleksi CASN Tahun 2021.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengembangan Sistem Seleksi BKN Mohammad Ridwan menuturkan pelaksanaan seleksi CASN merupakan kerja sama banyak pihak, baik instansi yang tergabung dalam Panselnas maupun instansi penyelenggara seleksi. Kolaborasi banyak pihak ini menurutnya tidak lain bertujuan untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pelaksanaan seleksi.

Untuk penyelenggaraan seleksi CASN 2021, Ridwan menyampaikan terhitung terdapat 247 Koordinator Seleksi, 452 Petugas IT dan 786 Tim Pengawas yang diterjunkan ke lapangan. Ia juga menyayangkan adanya temuan kasus kecurangan seleksi pada tahun ini. Menurutnya kejadian tersebut menjadi masukan untuk meningkatkan kualitas seleksi ASN ke depan.

Pada forum tersebut, masing-masing Tim Panitia Seleksi di lingkup BKN memaparkan capaian pelaksanaan dan poin-poin evaluasi seleksi sesuai tim bidangnya. Kegiatan evaluasi juga diikuti dengan penandatanganan Perjanjian Kinerja Tahun 2022 BKN bagi seluruh unit kerja BKN Pusat dan Kantor Regional BKN. des

Back To Top