skip to Main Content

BKN Kanreg X Denpasar Jadi Role Model Penilaian PEKPPP

Denpasar-Humas BKN, Mewakili BKN, Kantor Regional X BKN Denpasar ditunjuk sebagai role model dalam Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) Tahun 2022. Penilaian dilakukan melalui metode Desk Evaluation pada Rabu (21/9/2022) secara daring oleh evaluator Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

no images were found

Kepala Kanreg X BKN Denpasar Paulus Dwi Laksono Harjono menyampaikan dalam paparannya bahwa di tahun 2022 Kanreg X BKN fokus pada peningkatan layanan publik guna mewujudkan birokrasi yang akuntabel dan agile. “Kami mencoba mensintesakan hubungan antara Reformasi Birokrasi, Zona Integritas, Pelayanan Publik dan target menuju WBBM Tahun 2023,” ujarnya. Menurutnya, pada tahun 2022 Kanreg X sudah menyusun rencana kerja Reformasi Birokrasi tematik Peningkatan Layanan Publik sebagai fokus strategi Kanreg X BKN setelah berhasil meraih apresiasi Wilayah Bebas Korupsi (WBK) pada tahun 2021. Semua yang kami lakukan menuju ke sasaran akhir mewujudkan birokrasi yang capable, akuntabel dan layanan prima kepegawaian,” jelasnya.

Fokus strategi peningkatan pelayanan publik diturunkan menjadi 6 aspek pelayanan publik, yakni Kebijakan Layanan, Profesionalisme Pegawai, Sarana Prasarana, Ketersediaan Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP), Aspek Konsultasi dan Pengaduan, dan Inovasi Pelayanan Publik. Terkait inovasi pelayanan, Kanreg X BKN juga telah membangun sejumlah aplikasi diantaranya X Apple guna peningkatan sejumlah 20 pelayanan kepegawaian, aplikasi virtual Helpdesk sebagai sarana pengaduan dan konsultasi serta X Virtual Office sebagai gerbang utama pelayanan bagi internal dan eksternal.

Pada tahun 2021, BKN memperoleh predikat A- dengan nilai 4,43 kategori sangat baik. Dengan membangun budaya inovasi sebagai modal dasar kualitas pelayanan publik diharapkan menjadi daya ungkit pelayanan publik di tahun 2022 menuju pelayanan prima.

Evaluator PEKPPP Kementerian PAN-RB, Dewi Muslikha menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap pencapaian yang dilakukan oleh Kantor Regional X BKN Denpasar, “Kanreg X BKN Denpasar sudah sangat siap dalam memberikan pelayanan publik terutama dalam era transformasi digital, hal tersebut dapat tergambar dari sejumlah inovasi yang digagas dalam rangka mempermudah pelayanan publik” pungkasnya.

Penilaian tak hanya dilakukan dengan tanya jawab, tetapi juga room tour di lingkungan Kanreg X BKN terkait kelengkapan sarana dan prasarana guna peningkatan pelayanan publik seperti ruang PPT, ruang tunggu, kelengkapan pelayanan bagi penyandang disabilitas, serta co working space.

Penulis: rs/Irrene_KanregXDenpasar

Back To Top